Akuntansi Pemerintahan: Pengertian, Karakteristik & Perananannya

Kali ini blog.malavida.co.id akan membahas tentang pengertian akuntansi pemerintahan dan apa saja contoh akuntansi pemerintahan? Ketika pemerintah ingin menciptakan pemerintahan yang baik,

Pemerintah membutuhkan informasi yang memadai tentang pengelolaan aset dan sumber daya keuangan yang mampu mendukung transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaannya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian akuntansi pemerintahan.

Serta peran akuntansi pemerintah dan ciri-ciri akuntansi pemerintahan. Manfaat akuntansi pemerintahan biasanya lebih ditekankan pada pencatatan, pelaksanaan APBN dan pelaporan realisasinya. Karena fungsinya sedemikian rupa, bisa juga disebut akuntansi anggaran.

Pengertian Akuntansi Pemerintahan Menurut Para Ahli

Akuntansi Pemerintahan

Akuntansi pemerintah adalah jenis akuntansi yang dilakukan oleh unit organisasi pemerintah. Dan pengertian akuntansi pemerintahan menurut Arifin Sabeni dan Imam Ghazali adalah sebagai berikut:

Dalam dunia akuntansi pemerintahan, data digunakan untuk memberikan informasi tentang transaksi ekonomi dan keuangan.

1. Menurut Baswir

Pengertian Akuntansi Pemerintahan adalah “Akuntansi Pemerintah (termasuk akuntansi untuk lembaga yang tidak bertujuan mencari keuntungan lain)”.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005 Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan Pasal 1 angka 5 mendefinisikan SAP sebagai berikut:

Sistem Akuntansi Pemerintahan, yaitu kegiatan prosedur manual atau terkomputerisasi yang dimulai dari proses pengumpulan data, pencatatan, peringkasan, dan pelaporan posisi keuangan badan penyelenggara keuangan pemerintah.

2. Menurut Robert J. Freeman

“Cabang integral dari disiplin akuntansi. yang didirikan pada konsep dasar dan konvensi yang mendasari disiplin akuntansi secara keseluruhan dan berbagi banyak tentang karakteristik akuntansi komersial”.

Akuntansi yang melengkapi disiplin akuntansi dengan konsep-konsep yang dapat mendasari disiplin akuntansi secara keseluruhan dan dapat memisahkan berbagai karakteristik dari akuntansi bisnis.

Baca Juga :  Analisis Rasio Keuangan: Pengertian, Jenis, Tujuan & Keunggulannya

Mengenal Karakteristik Akuntansi Pemerintah

  • Pemerintah tidak berorientasi pada laba sehingga dalam akuntansi pemerintahan tidak ada laporan laba rugi dan perlakuan akuntansi terkait.
  • Pemerintah mencatat anggaran pada saat anggaran diposkan. Anggaran penting bagi pemerintah karena merupakan dasar pelaksanaan kegiatan.
  • Dalam akuntansi pemerintah dimungkinkan untuk menggunakan lebih dari satu jenis dana. Volume transaksi masing-masing jenis dana dalam akuntansi pemerintahan cukup besar, sehingga perlu dibentuk dana tersendiri.
  • Akuntansi pemerintah akan mencatat pengeluaran modal seperti untuk membangun gedung atau pengadaan kendaraan dalam perkiraan neraca dan hasil operasi.
  • Akuntansi pemerintahan sangat kaku karena hanya mengandalkan peraturan perundang-undangan.
  • Akuntansi pemerintah tidak mengetahui tentang perkiraan modal dan laba ditahan di neraca.

Peranan Penting Akuntansi Pemerintahan

  • Akuntabilitas Bertanggung jawab atas pengelolaan sumber daya dan pelaksanaan kebijakan yang dipercayakan kepada entitas pelapor untuk sampai pada tujuan yang telah ditetapkan secara berkala.
  • Manajemen Membantu pelanggan untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan entitas pelapor pada periode pelaporan sehingga memudahkan fungsi perencanaan, pengelolaan, dan pengendalian seluruh kegiatan, kewajiban, dan penyertaan dana pemerintah untuk kepentingan masyarakat luas.
  • Transparansi, Memberikan informasi keuangan yang terbuka dan jujur ​​kepada publik berdasarkan pertimbangan bahwa publik berhak untuk dapat mengetahui secara terbuka dan menyeluruh tanggung jawab pemerintah dalam mengelola sumber daya yang dipercayakan kepadanya dan kepatuhannya terhadap peraturan perundang-undangan.
  • Intergenerational Equity Membantu pelanggan untuk menentukan kecukupan pendapatan pemerintah pada periode pelaporan untuk dapat membiayai semua pengeluaran yang dialokasikan dan apakah generasi mendatang diasumsikan ikut menanggung beban pengeluaran tersebut.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kami tentang pengertian akuntansi pemerintahan dan contohnya, semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Baca Juga :  Analisis Perilaku Biaya Dalam Operasional Entitas: Pengertian & Macam

About the Author: Susi Suantika

/* */