Asal Usul Atlantis: Sejarah Benua Atlantic & Penjelasan Lengkapnya

Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan tentang asal usul Atlantis, sejarahnya, pencariannya. Atlantis umumnya dianggap sebagai mitos yang diciptakan oleh Plato untuk menggambarkan teori politik.

Meskipun fungsi sejarah Atlantis terlihat jelas oleh sebagian besar sarjana. Orang sering membicarakan tentang keberadaan Atlantis pada zaman klasik, namun pada umumnya mereka tidak mempercayainya dan terkadang membuat lelucon.

Mengenal Asal Usul Benua Atlantis

Asal Usul Atlantis

Dalam film Aquaman baru-baru ini, pemirsa didorong untuk mengikuti Arthur Curry saat ia “kembali” ke tanah leluhurnya, di Atlantis. Terlepas dari petualangan, karakter, dan adegan pertempuran heroik, tanah bawah laut ini merupakan daya tarik yang kuat bagi orang-orang.

James Wan, sang sutradara, sebenarnya membangun Atlantis. Misi Wan adalah menciptakan dunia fantasi yang dapat membangkitkan karakter superhero yang tidak disebutkan namanya.

Jadi dia membangun peradaban bawah laut yang indah, tetapi tetap menunjukkan bahwa itu adalah Bumi, dimensi lain atau bukan planet.

Komunitas Atlantis di Aquaman dapat digambarkan sebagai tidak ramah. Mereka tidak menyukai orang-orang di daratan dan hampir tidak pernah bersentuhan dengan budaya pedesaan.

Teknologi senjata mereka yang kuat juga membuat mereka invasif dan sombong.

Kisah Sejarah Benua Atlantis yang Hilang

Dalam kisah Atlantis melawan benua yang telah lama hilang yang pertama kali disebutkan oleh filosof Yunani kuno yang sangat terkenal yaitu Plato.

Dia menyebut benua itu sebuah karya yang berjudul Critias dan Timaeus. Atlantis, juga dikenal sebagai Atalantis atau Atlantica, adalah benua yang hilang di dekat pilar Hercules.

Wilayah pilar Hercules berdasarkan beberapa sejarawan yang dibagi menjadi pilar utara dan pilar selatan.

Baca Juga :  Perang Hitler

Kolom utara Hercules adalah Gibraltar Baru di Gibraltar, sedangkan kolom selatan Hercules disebutkan di dua tempat. Bagian selatan berada di antara Maroko, Ceuta, Jebel Musa, atau Monte Hacho.

Peradaban kuno Atlantis, yang dapat didasarkan pada Plato, memiliki angkatan laut yang kuat. Kekuatan angkatan laut Atlantis dikatakan mampu menaklukkan Eropa Barat dan Afrika.

Periode penaklukan Eropa dan Afrika diperkirakan 9.000 tahun sebelum periode Solon antara 638 SM dan 558 SM lahir. Atlantis tidak bisa menaklukkan Yunani.

Setelah invasi Yunani yang gagal, benua Atlantis mampu tenggelam ke dasar lautan hanya dalam satu hari.

Sejarah Atlantis pada zaman klasik menuai pro dan kontra. Kebanyakan orang tidak percaya dengan cerita ini. Bahkan, ada yang bercanda tentang cerita ini.

Abad Pertengahan tidak tahu bagaimana sejarah Atlantis dibahas oleh orang-orang pada saat itu.

Di zaman Renaisans, kisah Atlantis bisa didengar lagi. Banyak aspirasinya terhadap Francis Bacon, misalnya.

Buah Pemikiran Plato

Critias dan Timaeus adalah karya Plato, 360 v. chr. Ditulis dan termasuk dalam sejarah Atlantis.

Benua Atlantis banyak diceritakan di Critias, meskipun Critias tidak pernah menyelesaikannya. Alasan pembangunannya belum selesai, tidak ada yang tahu.

Karya ketiganya disebut Hermocrates. Kisah Timaios berfokus pada asal usul dunia dan juga tentang manusia.

Critias akan membahas tentang peradaban Athena kuno dan keberhasilannya dalam mencegah invasi ke benua Atlantis.

Sedangkan Hermocrates akan menceritakan peradaban Hellenic dan strategi perangnya melawan bangsa Barbar.

Tokoh utama dalam dua karya Plato adalah empat orang, yaitu Critias, Timaios, Hermocrates, dan Socrates.

Namun, Atlantis hanya disebutkan dengan karakter bernama Critias. Plato mampu menggunakan dialog Socrates untuk menjelaskan isi karyanya.

Baca Juga :  Sejarah Zaman Arkaekum

Dialog Socrates adalah genre sastra prosa. Gaya ini mampu berkembang di Yunani kuno. Waktunya kira-kira. pada pergantian abad ke-4 SM.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan yaitu Asal Usul Atlantis. Semoga ulasan ini, dapat bermanfaat dan bermanfaat untuk Anda.

About the Author: Susi Suantika

/* */