Badan Golgi: Pengertian, Sejarah, Struktur, Fungsi & Cara Kerja

Pengertian Badan Golgi – Organel yang dapat dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel dan struktur ini dapat divisualisasikan menggunakan mikroskop cahaya biasa. Organel yang terdapat pada hampir semua sel eukariotik dan seringkali pada organ yang memiliki fungsi ekskresi, seperti ginjal.

Setiap sel hewan memiliki sekitar 10 hingga 20 badan Golgi, sedangkan sel tumbuhan memiliki ratusan badan Golgi. Badan Golgi pada tumbuhan disebut diosom. Golgi ditemukan oleh seorang sejarawan dan ahli patologi Italia bernama Camillo Golgi.

Pengertian Badan Golgi

Badan Golgi

Aparatus Golgi atau kompleks Golgi atau dikotomi adalah organel yang terkait dengan fungsi sekresi sel dan struktur yang dapat atau dapat dilihat dengan mikroskop terhadap cahaya biasa.

Hampir semua sel Golgi eukariotik terletak di organ yang melakukan fungsi ekskresi, seperti ginjal. Setiap sel pada hewan rata-rata memiliki 10 hingga 20 sel, sedangkan untuk sel tumbuhan terdapat ratusan Golgi. Badan Golgi yang ditemukan di pabrik disebut keuskupan.

Badan Golgi pertama kali ditemukan oleh seorang psikolog Italia dan ahli patologi nasional yang memiliki Camillo Golgi.

Asal Usul Sejarah Penemuan Badan Golgi

Asal usul aparatus Golgi ditemukan pada tahun 1891 oleh Camilo Golgi. Mereka menemukan struktur seperti jaring di sitoplasma sel saraf kucing. Mereka diwarnai dengan osmium tetraoksida dan garam perak sebagai opini.

Karena pewarnaannya, organel tampak kuning gelap dan terletak di sekitar nukleus. Camilo Golgi menyebut organel ini sebagai “alat jaringan dalam”. Pada tahun 1910, seorang ahli biologi bernama Perrincito mengklaim bahwa organel yang ditemukan oleh Camilo Golgia milik sekelompok diktator.

Baca Juga :  Daur Hidup Kucing

Psikolog lain seperti Mollenhauer (1967) berpendapat bahwa aparatus Golgi terkait dengan sintesis protein. “Aparatus retikuler internal” Setelah berganti nama menjadi aparatus Golgi, namanya menyiratkan bahwa struktur organel tidak boleh berbentuk seperti jaringan.

Hal ini juga dibuktikan dengan pengamatan yang dilakukan dengan mikroskop elektron, yang menunjukkan bahwa organel terdiri dari serangkaian struktur yang dibatasi membran dengan berbagai bentuk dan ukuran. Karena struktur kompleks Golgi sering disebut sebagai kompleks Golgi.

Mengenal Struktur & Bentuk Badan Golgi

Badan Golgi, seperti yang Anda lihat di atas, Anda dapat melihat kecerahan di sekitarnya, dan ada gelembung Golgi di sekitarnya. Gelembung di badan Golgi dibagi menjadi tiga bagian, antara lain:

  1. Vesikel sekretori
    Dalam kandung kemih vesikel rahasia adalah kandung kemih yang mencakup sebagian dari sakulus yang terletak di daerah perifer.
  2. Sakula
    Bentuk kantung ini seperti tumpukan, tumpukan tumpukan dipisahkan oleh celah sempit. Sementara dua permukaan masing-masing saku tidak sama, satu cembung dan yang lainnya cekung. Dalam sakulus di bagian atas sel, beberapa lepuh muncul di bagian atas sakulus. Bahkan gelembung dilepaskan dari permukaan saccule.
  3. Mikrovesikel Atau Transfer Vesikel
    Gelembung mikro dengan diameter sekitar 40 mm bergerak. Perlu dicatat bahwa mikrovesikel awalnya dilepaskan retikulum endoplasma kasar, tetapi mikrovesikel tidak memiliki butiran kromosom. Dalam mikrovesikel bahkan dapat bercampur dengan sacula.

Apa Fungsi Badan Golgi?

  • Membentuk kantung (vesikel) untuk sekret, terutama sel-sel kecil yang mengandung enzim dan zat lain.
  • Pembentukan membran plasma, terutama kantong yang akan dikeluarkan, menjadi/menjadi bagian dari membran plasma.
  • Membentuk dinding sel tumbuhan.
  • Dimana modifikasi protein terjadi.
  • Membantu dalam pemilihan, penyortiran dan pengemasan molekul untuk sekresi sel.
  • Membantu pengangkutan lemak (lipid).
  • Membantu dalam lisosom.
  • Membantu dalam pembentukan akrosom terhadap sperma yang mengandung enzim yang digunakan untuk memecah dinding sel telur.
Baca Juga :  Gerak Pada Tumbuhan

Bagaimana Cara Kerja Badan Golgi?

Organ Golgi atau badan Golgi bekerja sama dengan endoplasma RE retikuler untuk mensintesis protein, dan setelah sintesis protein, terbentuk vesikel transfer atau mikrovesikel, yang kemudian ditransfer ke organ Golgi, tepatnya di sakulus.

Sehingga akan terjadi kombinasi protein yang diangkut oleh vesikel pengangkut dari RE. Prediksi pertama mungkin untuk memperbesar badan Golgi, tetapi ini bukan karena Golgi atau Golgi membentuk vesikel rahasia yang berfungsi untuk mengangkut kantung ke bagian atas sel, untuk dikeluarkan dari sel.

Di badan Golgi atau sakulus, terjadi kondensasi atau pemadatan sebelum diarahkan ke vesikel rahasia. Ada tiga jenis enzim galaktosil transferase di badan Golgi yang berperan dalam perbaikan protein membran akibat diferensiasi oligosakarida.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yaitu mengenai pengertian Badan Golgi. Semoga ulasan ini, dapat bermanfaat dan bermanfaat bagi Anda semua.

About the Author: Susi Suantika

/* */