Sejarah Belanda Masuk ke Indonesia

2 min read

Sejarah Belanda Masuk ke Indonesia – Pada saat itu, adanya sebuah kelompok Cornelis de Houtman diusir dengan Banten-Gesellschaft dalam sikap tidak nyaman dan akhirnya Belanda melanjutkan perjalanan mereka ke timur.

Rakyat Indonesia yakni menyatakan adanya sebuah kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Setelah 350 tahun, penjajahan dengan Belanda dimulai sekitar 1595.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai Belanda masuk ke Indonesia yakni secara lengkap dan jelas. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak penjelasan nya sebagai berikut.

Bagaimanakah Sejarah Belanda Masuk ke Indonesia ?

Rakyat Indonesia yakni menyatakan adanya sebuah kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Setelah 350 tahun, penjajahan dengan Belanda dimulai yakni sekitar dalam tahun 1595.

Tahun tersebut dalam sebuah negara Indonesia belum terjadi dan masih terdiri dari kerajaan-kerajaan yang berkisar dari Sabang sampai Merauke.

Dalam sebuah catatan sejarah menunjukkan bahwa orang Belanda pertama yang datang ke Indonesia adalah Cornelis de Houtman, yang menggunakan 4 berlabuh dan kapal di wilayah Banten pada 1596.

Pada 1602, dalam pedagang Belanda yakni dapat mendirikan Asosiasi Perdagangan India Timur atau VOC di dalam sebuah wilayah Batavia.

Asosiasi perdagangan tersebut yakni dengan cepat menguasai adanya sebuah perdagangan dalam bentuk rempah-rempah.

Tetapi dalam perkembangannya, karena dia terlalu yakni sering mengalami adanya sebuah perang dalam pemerintah daerah dan juga dengan Inggris dan Portugis, kebangkrutan akhirnya terjadi pada 1779.

VOC yakni kemudian akan mengalihkan dalam semua tanggung jawabnya terhadap pemerintah Belanda sebagai mengambil alih apa yang telah diawetkan di wilayah Hindia Belanda.

Sejarah Belanda Masuk ke Indonesia

Dari 1780 terdapat sebuah giliran dalam pemerintah Belanda untuk menggantikan VOC pada tahun 1811. Pada 1811 yakni dalam pemerintah di wilayah Hindia Belanda digantikan dengan pemerintah Inggris sehingga dalam tahun 1816.

Baca Juga :  Asal Usul Sunan Drajat

Setelah pengambilalihan kekuasaan pada 1816-1942, dia akhirnya harus menyerah kepada tentara Jepang dan pendudukan Jepang dimulai 1942 hingga 1945.

Ketika dalam negara Jepang menyerah kepada Sekutu dan ada kekosongan pemerintah, Indonesia mendeklarasikan dalam kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Awal Mula Belanda

Pada awalnya, dalam negara Belanda dalam berdagang dan membeli sejumlah rempah-rempah di wilayah Lisbon, merupakan ibu kota dalam negara Portugis. Dan Belanda adalah sejumlah koloni negara Spanyol.

Pada 1585 Belanda berhenti membawa rempah-rempah ke Portugis karena dalam orang-orang Spanyol yakni telah menyerbu dengan Portugis dan memaksa Belanda untuk menjelajahi dalam lautan sendiri.

Pada saat itu, dalam sejumlah kelompok Cornelis de Houtman diusir dengan masyarakat Banten karena dalam sebuah sikap yang tidak nyaman, dan akhirnya Belanda akan melanjutkan sebuah perjalanan mereka ke timur, terutama ke wilayah Bali.

Selain itu, adanya sejumlah kelompok dalam kedua yang berkebangsaan Belanda pindah ke wilayah Banten pada tahun 1598 dengan delapan pembawa rempah-rempah di bawah kepemimpinan Van Waerwyck dan Jacob van Neck.

Pada saat yang sama, Portugis dan Banten yakni mengalami “hal-hal buruk”, dan Belanda yakni terlalu pintar untuk menaklukkan hati para penguasa, sehingga mereka dapat mengambil rempah-rempah seperti lada dan dapat mengirimkannya ke sebuah rakyat mereka sendiri.

Pada waktu itu ada persaingan sengit antara negara-negara Eropa, yakni Spanyol, Portugal, dan kemudian Inggris Raya, Belanda dan Prancis, untuk sebuah aturan dalam perdagangan di wilayah Asia Timur.

Untuk mengatasi masalah tersebut, VOC diberikan izin oleh Negara-negara Generaal di Belanda untuk mempunyai sejumlah pasukan yang harus mereka bayar sendiri.

Selain itu, VOC memiliki hak, atas nama pemerintah Belanda – yang masih dalam bentuk republik – untuk menyimpulkan perjanjian negara dan menyatakan dalam sebuah perang dengan sebuah negara.

Baca Juga :  Sejarah Himpunan

Otoritas ini berarti bahwa adanya sebuah asosiasi bisnis seperti VOC dapat dapat berperilaku seperti negara. Hak khusus yang tercantum dalam Oktrooi (Charta atau Piagam) pada tanggal 20 Maret 1602 yakni:

  • Hak monopoli sebagai adanya sebuah perdagangan dan sebuah pengiriman di dalam wilayah timur Tanjung Harapan dan di barat Magelhaensstrasse serta kontrol perdagangan atas kepentingan sendiri.

Hak yang berdaulat, sehingga dapat bertindak seperti negara untuk:

a. Dapat merawat dan memilihara dalam pasukan tentara.
b. Dapat menyatakan dalam sebuah perang dan dapat berdamai.
c. Dapat menduduki dan merebut dalam daerah asing di luar Belanda.
d. Memerintah terhadap daerah-daerah tersebut.
e. Dapat mengeluarkan sejumlah mata uang sendiri.
f. Dapat mengumpulkan sebuah pajak.

Rakyat Indonesia yakni menyatakan adanya sebuah kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Setelah 350 tahun, penjajahan dengan Belanda dimulai sekitar 1595.

Baca Juga:

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai

Prasasti Yupa

Ferdian Saputra
2 min read

Sejarah Malaysia

Ferdian Saputra
1 min read