Manfaat Daun Sirih Cina

Manfaat Daun Sirih Cina – Pada daun sirih ini di dalam buahnya yakni sering tumbuh memiliki bentuk kepala jarum lonjong dengan diameter kurang lebih 1 – 0,5 mm. Daun sirih cina ini memiliki biji kecil yang tumbuh di sebelahnya. Biasanya biji jatuh ke tanah setelah masak dan dapat berkecambah jika kondisi tanah lembab.

Meski mengandung rumput, daun sirih cina ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan yang tidak boleh disepelekan. Daun sirih cina atau Peperomia Pellucida diketahui memiliki zat anti kanker dan anti inflamasi yang baik untuk kesehatan. Selain itu, daun sirih cina mengandung antioksidan yang tinggi untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa manfaat daun sirih ini yakni begitu sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Dari asam urat, radang sendi, kanker, dan penyakit saluran kemih.

Karakteristik Daun Sirih Cina

Khasiat sirih cina mungkin belum diketahui. Sirih cina berbeda dengan sirih biasa. Sirih cina juga sering disebut sirih mini, tanaman ini sering dianggap pengganggu karena bisa tumbuh dimana saja. Misalnya, di antara tanaman yang sedang ditanam.

Tanaman dengan nama lain Peperomia pellucida ini sama sekali tidak dihiraukan oleh masyarakat. Padahal manfaatnya bagi kesehatan manusia cukup besar dan bervariasi. Anda dapat menggunakannya dengan sayuran, membuat sayuran, atau membuat jus.

Manfaat Daun Sirih Cina

Tanaman ini yakni sering dianggap gulma dengan para petani karena sering tumbuh di antara tanaman yang ditanamnya. Ada yang menyebutnya daun sirih cina, ada juga yang menyebutnya daun air ketumpang. Tanaman tersebut banyak tumbuh di sekitar di kebun, rumah, terutama di tempat yang lembab. Selain itu, juga tersebar luas di tanggul lapangan dan tepi parit.

Manfaat-Daun-Sirih-Cina

Banyak orang yang belum mengetahui tanaman ini. Dia hanya menariknya keluar dan membuangnya. Padahal, tanaman ini memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini dapat diperbanyak dari biji. Banyu Tumpanga (Peperomia pellucida) merupakan tumbuhan tahunan dan dangkal akar vegetasi yang mudah ditemukan di sepanjang saluran air atau rumpun dan kebun.

Baca Juga :  Rantai Makanan Ekosistem Laut

1. Mengobati Arthritis Rheumatoid

Khasiat daun sirih cina untuk kesehatan yang pertama menyembuhkan Rheumatoid Arthritis. Mengkonsumsi jus yang terbuat dari batang dan daun sirih cina diketahui dapat mengobati rheumatoid arthritis. Ramuan ini bisa diminum setiap pagi dan sore hari. Namun, Anda perlu berhati-hati saat mengonsumsinya karena ramuan ini bisa langsung memberikan efek lama setelah dikonsumsi.

2. Membantu Mengobati Kanker

Manfaat daun sirih cina selanjutnya adalah dapat menyembuhkan penyakit kanker. Rumput liar dengan daun mengkilap telah terbukti dapat mencegah dan melawan pertumbuhan sel kanker. Daun sirih cina diketahui dapat menghambat pertumbuhan berbagai patogen, senyawa radikal bebas, dan bakteri.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat-Daun-Sirih-Cina-1

Manfaat daun sirih cina untuk kesehatan di masa depan adalah dapat melindungi sistem pencernaan dengan baik. Rebusan daun sirih cina telah terbukti dapat meringankan pasien maag. Menurut hasil penelitian tersebut, ekstrak daun sirih cina ini dapat mencegah kerusakan pada lapisan lambung atau lapisan selaput yang berisi kelenjar dan lubang perut. Jika Anda menderita masalah pencernaan, mengkonsumsi ramuan daun sirih Cina dapat menjadi pengobatan herbal alternatif yang layak.

4. Menyembuhkan Fraktur

Khasiat daun sirih cina juga diketahui dapat mengurangi patah tulang. Berdasarkan hasil penelitian, daun sirih cina mengandung mineral yang berguna dalam mempercepat penyembuhan tulang. Mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari ekstrak ganja ini juga dapat secara efektif mempercepat dalam penyembuhan patah tulang.

5. Anti Jamur

Anti jamur telah menjadi salah satu manfaat daun sirih cina yang bisa didapatkan. Sifat antijamur dari tanaman daun sirih cina diketahui efektif terhadap pertumbuhan jamur penyebab berbagai penyakit. Tentu saja ramuan ini sangat bermanfaat bagi Anda yang sering mengalami masalah kulit akibat jamur.

Baca Juga :  Pengertian Kambium

6. Mengandung Antioksidan Kuat

Keunggulan daun sirih cina yang tidak kalah baik adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. Kandungan antioksidan ini dapat digunakan untuk membersihkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Berdasarkan hasil penelitian, daun sirih cina dikatakan sebagai sumber alami yang baik untuk terapi antioksidan.

7. Membantu Pengobatan Depresi

Manfaat daun sirih cina juga dapat meredakan depresi. Satu studi menemukan bahwa daun sirih Cina memiliki efek depresan. Mengkonsumsi ekstrak daun sirih cina ini dalam takaran yang tepat dapat meredakan gangguan jiwa berat, termasuk depresi.

8. Mengurangi Asam Urat

Manfaat-Daun-Sirih-Cina-2

Manfaat kesehatan yang lebih luas dari daun sirih cina adalah meredakan gejala asam urat. Menurut penelitian pada tikus, tikus yang diberi ekstrak daun sirih cina menunjukkan penurunan 44% kadar asam urat dalam darah. Penelitian ini menemukan bahwa daun sirih merah mengandung senyawa yang dapat digunakan sebagai alternatif pengendalian kadar asam urat yang efektif.

9. Anti Inflamasi

Manfaat daun sirih cina selanjutnya tidak hanya antijamur, tetapi juga sifat antiradangnya. Konsumsi ekstrak daun sirih cina diketahui dapat meredakan gejala peradangan seperti kondisi kulit merah, panas, dan bengkak. Bahkan, daun sirih cina dikatakan memiliki efek anti inflamasi yang dapat digunakan secara efektif dan signifikan.

10. Anti Bakteri

Antibakteri juga menjadi salah satu manfaat daun sirih cina yang bisa didapatkan. Daun sirih Cina dikenal karena sifat antibakterinya yang kuat. Minyak atsiri, dibuat dengan melarutkan daun dan batang daun sirih Cina, telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan digunakan untuk menghilangkan radikal bebas.

11. Mengatasi Gangguan Sistem Kemih

Manfaat kesehatan terakhir dan paling tidak penting dari daun sirih cina adalah pengobatan gangguan sistem kemih. Di Filipina dan beberapa negara Asia, daun sirih Cina dibuat menjadi pohon teh dan dikonsumsi sebagai ramuan yang dapat menyembuhkan penyakit saluran kemih atau ginjal. Ramuan ini dapat digunakan untuk secara efektif mengurangi asam urat dalam tubuh. Jika Anda sering mengalami inkontinensia urin, mengkonsumsi rebusan daun kemangi di China bisa menjadi pilihan.

Baca Juga :  Ciri - Ciri Bakteri

12. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat daun sirih cina untuk kesehatan juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Cokelat yang terbuat dari daun sirih cina, bila dikonsumsi dalam takaran yang tepat dapat efektif menurunkan kadar kolesterol. Manfaat tersebut sangat bermanfaat dalam mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit lain yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular.

13. Mengurangi Peradangan Pada Kulit

Manfaat sirih cina yakni telah terpercaya untuk mengurangi peradangan terhadap kulit. Meskipun tidak ada penelitian khusus tentang manfaat ini, daun sirih Cina telah lama digunakan sebagai alternatif untuk mengobati peradangan terhadap kulit. Cara menggunakannya yakni sebagai obat radang kulit sangat sederhana. Rebus dan saring daun sirih cina, lalu minum air yang terbuat dari ekstrak rebusan sirih cina.

14. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Dapat dipercaya yakni bisa digunakan sebagai obat pencegah risiko penyakit jantung. Manfaat ini bertambah karena kandungan antioksidan yang baik pada daun sirih cina, terutama saat dikeringkan.

Antioksidan pada daun sirih cina dapat digunakan untuk mencegah kolesterol jahat pada pembuluh darah. Bagi yang belum tahu, kolesterol jahat dalam tubuh dapat menyebabkan kita terkena tekanan darah tinggi dan memicu penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke.

Penutup

Manfaat daun sirih cina yakni sangat efektif dalam menurunkan resiko penyakit diabetes. Hal ini dibuktikan dengan penelitian terbuka. Jika Anda menyuntikkan ekstrak daun sirih Cina, dapat menurunkan kadar gula darah Anda.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan mengenai Manfaat Daun Sirih Cina, semoga dapat bermanfaat.

About the Author: Susi Suantika

/* */