Hutan Sumber Pangan

Hutan Sumber Pangan – Bagaimana masyarakat memanfaatkan hutan sebagai sumber makanan? Dengan hasil hutan, warga dapat menerima dana cadangan yang dapat digunakan untuk menutupi kebutuhan. Kebanyakan orang kesulitan mendapatkan makanan atau uang, misalnya karena banjir merusak tanaman. Jika ada hutan di hutan, maka ada banyak makanan alami dan Anda tidak akan merasa lapar.

Ketika kita dengan sengaja merusak hutan, itu dibakar untuk tujuan yang bisa karena berbagai alasan. Tapi tahukah Anda bahwa deforestasi juga mempengaruhi kehidupan manusia? Bayangkan ada banyak sumber makanan di hutan ini. Lalu apakah benar, hutan dapat menjadi sumber pangan? Berikut ialah penjelasan lengkapnya!!

Hutan Sumber Pangan

Bagaimana masyarakat memanfaatkan hutan sebagai sumber makanan? Untuk menjaga dan melestarikan hutan, tentunya meskipun kayu ditebang, hutan baru harus dihutankan kembali agar hutan tetap lestari.

Contoh makanan hutan yang saya suka adalah jengkol. Setiap tahun di desa ialah Jengkol, selain panen sebagai hasil sampingan, Jengkol sebenarnya juga digunakan sebagai sumber uang.

Hutan-Sumber-Pangan

Jangan berharap jajaran di desa ini berasal dari lahan biasa di kawasan pemukiman. Ada, tetapi hanya sedikit, 90% dari jangkauan ditanam di hutan, hanya sedikit yang ditanam di dekat rumah.

Selain dari jarak, sawah di desanya berada di hutan, tentu saja jika hutan rusak, apa yang akan dialami sawah? Bagaimana cara mendapatkan nasi? Masih kisaran yang sama, sekitar 80% sawah di desa saya berada di kawasan hutan.

Alasan membuat sawah di hutan adalah mudah pengelolaannya, sumber air di hutan sangat melimpah, walaupun ada musim panas yang panjang airnya tetap ada karena banyak pohon yang melindunginya dari kekeringan. dari tanah yang dapat menarik air.

Baca Juga :  Pengertian Masyarakat

Namun, akan mencoba menceritakan tentang Jengkol yang aslinya diambil dari hutan, jika Anda mencoba mengunjungi desa saya, saya akan membawa Anda ke hutan yang banyak pohon jengkolnya milik penduduk setempat.

Mengapa Hasil Hutan Begitu Penting bagi Kehidupan Manusia?

Hutan-Sumber-Pangan-2
  • Makanan yang terbuat dari hasil hutan sangat sehat karena mengandung banyak nutrisi penting.
  • Berkat hasil hutan, masyarakat yang tinggal di dekat hutan memiliki pendapatan yang lebih stabil. Misalnya, pasar dapat berubah dengan cepat, jika pelanggan tidak membeli hasil panen, maka harganya akan turun. Dalam hal ini, produk alternatif harus dikonsumsi atau dijual.
  • Kebanyakan orang kesulitan mendapatkan makanan atau uang, misalnya karena banjir merusak tanaman. Jika ada hutan di hutan, maka ada banyak makanan alami dan Anda tidak akan merasa lapar.
  • Dengan hasil hutan, warga dapat menerima dana cadangan yang dapat digunakan untuk menutupi kebutuhan perumahan seperti biaya pendidikan dan kesehatan.

Pentingnya Menjaga Kelestarian Hutan

Pernahkah Anda berpikir bahwa hutan adalah kawasan bebas sehingga kita bisa melakukan apa saja, termasuk merusak hutan. Ini adalah kesalahan besar bagi kami memang, kami akan membahas undang-undang.

Tentu saja hutan ini sangat dilindungi oleh pemerintah, jadi kami tidak ingin merusaknya, kami ingin melestarikannya dengan lebih baik. Selain itu, hutan berperan penting dalam kehidupan manusia, yaitu sebagai sumber makanan.

Pada artikel sebelumnya saya telah menulis tentang manfaat hutan hujan tropis yang banyak sekali manfaatnya luar biasa dalam pembahasannya.

Perlindungan hutan sangat penting bagi kami dan bukan tanpa alasan. Mungkin Anda tidak pernah menyangka bahwa merusak hutan berarti menghancurkan sumber kehidupan makhluk hidup, termasuk manusia. Mengapa tidak percaya? Pikirkan lagi tentang keberadaan hutan.

Pentingnya Menjaga Kelestarian Hutan

Hutan-Sumber-Pangan-1

Pernahkah Anda berpikir bahwa hutan adalah kawasan bebas sehingga kita bisa melakukan apa saja, termasuk merusak hutan. Ini adalah kesalahan besar bagi kami memang, kami akan membahas undang-undang. Tentu saja hutan ini sangat dilindungi oleh pemerintah, jadi kami tidak ingin merusaknya, kami ingin melestarikannya dengan lebih baik. Selain itu, hutan berperan penting dalam kehidupan manusia, yaitu sebagai sumber makanan.

Baca Juga :  Pengertian Elastisitas

a. Hutan Sebagai Tempat Tinggal Hewan

Pertama-tama, bahkan jika Anda menganggap bahwa hutan adalah tempat di mana hewan bebas hidup. Ada berbagai jenis hewan yang hidup di hutan, makan di hutan dan juga bermain di hutan. Bayangkan, dari sekian banyak hewan yang hidup di hutan dan memanfaatkan hutan, apa yang terjadi dengan ribuan spesies hewan yang hidup di sana ketika kita dimusnahkan?

Itu hal pertama yang Anda pikirkan, dia tidak seperti yang kita pikirkan, dia hanya berpikir tentang makan, tidur, bermain, dan bepergian. Seluruh tempat adalah hutan. Jika hutan kita tidak sengaja rusak, mereka akan hilang, mereka tidak akan makan dan mereka tidak akan menemukan tempat berteduh. Untuk mengenang kebakaran hutan yang terjadi kemarin di Kalimantan, ular piton terbesar tewas dalam insiden tersebut.

Mungkin selain ular sanca yang sedang kita bicarakan, masih banyak hewan lain yang mati akibat kebakaran hutan. Kita tahu kebakaran tidak disengaja, tetapi mereka dapat membunuh hewan di sana. Bagaimana jika kita dengan sengaja merusak hutan?

b. Sumber Obat Alami

Jika ada hutan seperti hutan hujan tropis yang terbukti banyak mengandung obat alami, jangan ragu. Untuk menyembuhkan penyakit tanpa bahan kimia, kami menemukan obat alami di hutan. Tak terhitung, tanpa kita sadari, banyak obat-obatan yang dibuat dengan bahan-bahan alami dari hutan. Jika kita tahu obat apa yang ada di hutan, mengapa mencari lebih banyak?

Dan jika hutan kita rusak, bayangkan begitu banyak sumber naturopati yang hilang, padahal itu adalah peran terpenting bagi manusia. Jika kita percaya bahwa hutan adalah sumber makanan bagi kehidupan manusia, mengapa kita ingin merusak keberadaan mereka? Mulai sekarang kita harus menjaga dan melestarikan hutan.

Baca Juga :  Pengertian Strategi

c. Hutan Gundul Berpengaruh Terhadap Manusia

Ketika kita dengan sengaja merusak hutan, itu dibakar untuk tujuan yang bisa karena berbagai alasan. Tapi tahukah Anda bahwa deforestasi juga mempengaruhi kehidupan manusia? Bayangkan ada banyak sumber makanan di hutan ini, bahkan di desa saya sekitar 70% sumber makanan manusia berasal dari hutan. Jika hutan ini dihancurkan, apa yang akan terjadi pada kita?

Hutan hutan sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita sehingga jumlah tumbuhan yang hilang dapat menjadi sumber kehidupan.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hutan

Adapun berbagai pemanfaat sumber daya alam hutan, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Penghasil Oksigen

Hutan disebut sebagai paru-paru dunia karena banyak tumbuhan di hutan yang konon menghasilkan oksigen dan udara yang sehat bagi manusia.

b. Sumber Bahan Aktif

Hutan dapat menghasilkan dengan berbagai jenis bahan untuk obat-obatan. Beberapa jenis tumbuhan diketahui berkhasiat mengobati banyak penyakit.

c. Memenuhi Berbagai Keperluan Manusia

Hasil hutan digunakan untuk berbagai keperluan manusia. Hasil hutan seperti kayu dan bambu digunakan misalnya untuk membuat mebel atau peralatan rumah tangga.

d. Sumber Makanan

Hutan di Indonesia juga dimanfaatkan oleh penduduk setempat sebagai sumber makanan seperti buah-buahan dan binatang mainan.

Penutup

Bagaimana masyarakat memanfaatkan hutan sebagai sumber makanan? Makanan yang terbuat dari hasil hutan sangat sehat karena mengandung banyak nutrisi penting. Hutan disebut sebagai paru-paru dunia karena banyak tumbuhan di hutan yang konon menghasilkan oksigen dan udara yang sehat bagi manusia.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan mengenai Hutan Sumber Pangan. Semoga ulasan ini dapat berguna bagi Anda.

About the Author: Susi Suantika

/* */