Kebudayaan Nasional

2 min read

Kebudayaan Nasional – Seperangkat dalam sebuah norma, kepercayaan, perilaku, adat istiadat, dan nilai-nilai yang telah dimiliki terhadap populasi yang berdaulat.

Budaya nasional Indonesia sebagai budaya universal. Unsur-unsur dalam budaya diciptakan, terutama yang langka pada waktu itu dan dimiliki oleh penduduk Indonesia, yakni ekonomi, teknologi, sains, dan keterampilan organisasi.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Kebudayaan Nasional. Untuk ulasan selengkapnya, yyuukk… Simak sebagai berikut.

Apa itu Kebudayaan Nasional ?

Kebudayaan Nasional

Definisi Kebudayaan Nasional iyalah adanya suatu perangkat norma, perilaku, kepercayaan, adat istiadat serta nilai-nilai yang dimiliki dengan populasi yang berdaulat. Lihat pula fitur-fitur khusus seperti identitas etnis, bahasa, agama, tradisi budaya, ras dan sejarah.

Sejumlah nilai kepercayaan, makna dan asumsi tipikal dasarnya diwakili dari anggota kelompok nasional. Perbedaan nasional budaya bisa dikatakan sebagai nilai dalam sejumlah dimensi: jarak kekuasaan, individualisme-kolektivisme, maskulinitas-feminitas, dan penghindaran ketidakpastian.

Budaya nasional yakni pada dasarnya adalah kombinasi dari berbagai budaya daerah di negara tertentu seperti Indonesia. Indonesia memiliki beragam budaya, tetapi ini tidak memecah belah Indonesia, tetapi menjadikan Indonesia unit yang kuat dan kuat.

Lain halnya dengan prinsip “Bhineka Tunggal Ika”, yang artinya berbeda, tetapi tetap satu. Namun demikian, kita harus melestarikan budaya nasional kita sehingga budaya kita tidak diadopsi dan diakui dengan negara lain.

Unsur – Unsur Kebudayaan

Unsur Kebudayaan

Terdapat berbagai unsur-unsur dalam kudayaan ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

Baca Juga :  Tujuan Berdirinya Negara

1. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Pengetahuan merupakan segala sesuatu yang telah diketahui dan dipelajari terhadap manusia yakni mengenai sifat, harapan, benda, dan keadaan.

Sistem pengetahuan yakni dapat dikelompokkan yakni:

  • Pengetahuan mengenai alam.
  • Pengetahuan mengenai hewan dan tumbuhan yang ada di sekitarnya.
  • Pengetahuan mengenai tubuh manusia, pengetahuan mengenai sebuah perilaku orang lain dan sifat.
  • Pengetahuan mengenai waktu dan ruang.

Teknologi adalah semua sarana dan alat yang digunakan orang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Teknologi muncul dalam cara orang mengatur masyarakat, mengekspresikan rasa keindahan, atau membuat produk artistik.

2. Sistem Ekonomi

Elemen tersebut yakni dapat terkait secara erat terhadap divisi produksi, penjualan, dan pekerjaan.

3. Sistem Sosial

Sistem tersebut yakni dapat mengatur tempat tinggal, pernikahan, sistem hubungan keluarga dan jaringan sosial antara orang-orang yang didasarkan pada pernikahan dan hubungan darah.

Organisasi sosial tersebut ialah termasuk dalam sekelompok organisasi sosial yang didirikan oleh masyarakat itu sendiri, baik orang legal maupun non-hukum, yang memiliki fungsi mempromosikan partisipasi masyarakat terhadap segala upaya untuk membangun bangsa dan negara.

4. Sistem Kepercayaan

Ada saat-saat ketika pemahaman, pengetahuan, dan ketahanan fisik manusia untuk menguasai dan mengungkapkan rahasia alam sangat terbatas. Dan kesadaran akan keberadaan kekuatan gaib, kesadaran akan keterbatasan yang berada terhadap manusia.

Menciptakan sebuah sistem kepercayaan yang pada saat yang sama menciptakan keyakinan akan keberadaan otoritas tertinggi alam semesta yang juga mengendalikan manusia untuk bagian dari alam semesta.

5. Sistem Politik

Sistem Politik merupakan adanya sebuah cara, jalan, dan alat yakni sebagai mencapai suatu tujuan tersebut.

6. Sistem Kesenian

Seni tersebut yakni dapat mengacu pada nilai estetika atau keindahan yang akan dihasilkan dari sebuah ekspresi keinginan manusia untuk kecantikan yang dapat dinikmati dengan telinga atau mata.

Baca Juga :  Dasar Hukum OSIS

Dan seni ini merupakan adanya sebuah institusi yang digunakan sebagai mengekspresikan suatu rasa keindahan terhadap jiwa manusia tersebut.

7. Sistem Bahasa

Bahasa merupakan termasuk dalam suatu bentuk budaya yang dengannya orang berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan satu sama lain untuk menyampaikan niat hati atau kehendak kepada lawan bicara.

Melalui bahasa ini, orang dapat beradaptasi dengan tingkah laku, kebiasaan, perilaku, dan perilaku masyarakat agar dapat berbaur terhadap kalangan masyarakat lain.

Fungsi Budaya Nasional

Usman Pelly yakni telah berpendapat bahwa adanya budaya nasional berfungsi sebagai panduan untuk mempromosikan persatuan dan integritas nasional untuk masyarakat majemuk.

Sebagai contoh, Indonesia sama bermanfaatnya untuk menemukan pedoman untuk memperoleh teknologi modern dan sains.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Kebudayaan Nasional. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.