Pengertian Makhluk Hidup

Pengertian Makhluk Hidup – Yang hidup pasti butuh makan. Sifat-sifat makhluk hidup ini digunakan sebagai tumbuh, hidup, dan berkembang. Makanan digunakan untuk menghasilkan energi, menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak di dalam tubuh.

Makhluk hidup yakni mempunyai indra pernafasan. Perasaan bernafas ini digunakan untuk bernafas. Nafas inilah yang merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Alat pernapasan untuk setiap makhluk hidup berbeda-beda tergantung pada lingkungan di mana ia hidup.

Hal ini, tentunya membutuhkan nutrisi untuk berkembang dan tumbuh. Namun, tidak semua makanan yang dicerna dapat diserap oleh tubuh. Milik makhluk hidup terdekat adalah membuang sampah atau sisa-sisa zat. Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskanmengenai pengertian makhluk hidup, berikut ialah penjelasan terlengkap!!

Apa itu Makhluk Hidup ?

Pengertian-Makhluk-Hidup

Pengertian Makhluk Hidup merupakan organisme yang mempunyai sel. Organisme secara taksonomi dibagi menjadi beberapa kelompok misalnya tumbuhan dan jamur, hewan multiseluler, atau mikroorganisme uniseluler seperti protista, bakteri dan archaea.

Semua jenis organisme yakni dapat bereproduksi, pemeliharaan diri, tumbuh dan berkembang, dan beberapa jenis respons stimulus. Manusia, jamur, cumi-cumi, dan tumbuhan berpembuluh termasuk contoh organisme multiseluler yang berdiferensiasi untuk membentuk jaringan dan organ khusus saat mereka berkembang.

Organisme bisa dibagi menjadi eukariota atau prokariota. Eukariota dicirikan oleh adanya inti sel yang dilapisi membran dan mempunyai organel yang juga dilapisi membran (seperti mitokondria pada tumbuhan, hewan dan plastida pada tumbuhan dan alga, secara semua organel dianggap bakteri endosimbiotik). Prokariota terdiri dari dua domain terpisah, yaitu bakteri dan archaea. Jamur, tumbuhan, hewan, dan adalah contoh kingdom pada eukariota.

Perkiraan jumlah spesies di bumi sekarang berkisar dari dua juta hingga satu triliun, dan lebih dari 1,7 juta telah dicatat. Lebih dari 99% dari semua spesies yang pernah hidup, dengan lebih dari 5 M spesies, sekarang dianggap punah. Pada tahun 2016, 355 gen nenek moyang universal terakhir (LUCA) dari semua organisme dapat diidentifikasi.

Baca Juga :  Gerak Pada Tumbuhan

Ciri dan Karakteristik Makhluk Hidup

Dari sudut pandang biologis, organisme mencakup semua individu dengan karakteristik hidup. Ciri-ciri makhluk hidup meliputi gerakan, pernapasan, dan kepekaan terhadap rangsangan. Selain itu, makhluk hidup harus tumbuh dan berkembang, berproduksi, membutuhkan makanan, beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggalnya, beradaptasi dan mengeluarkan. Berikut ialah ciri-ciri dalam makhluk hidup, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Mampu Bernapas

Pernapasan yakni telah dikenal dengan respirasi, respirasi merupakan suatu sistem biologis yang mencakup organ dan struktur lain yang digunakan dalam pertukaran gas pada hewan dan tumbuhan. Pertukaran gas ini adalah penarikan O2 atau oksigen dan pengeluaran karbon dioksida atau CO2 dalam tubuh makhluk hidup.

Diketahui bahwa setiap makhluk hidup mempunyai begitu berbagai jenis organ untuk bernafas. Organ-organ ini bergantung pada ukuran habitat, tubuh, dan sejarah evolusi setiap makhluk hidup.

Di air misalnya organisme ikan bernapas melalui insangnya. Tetapi di darat, sebagian besar makhluk hidup bernafas dengan paru-paru mereka, seperti halnya mamalia, manusia, dan burung. Saat tanaman bernafas, gunakan stata dan lentisel.

b. Peka Terhadap Rangsangan

Ciri lain dari makhluk hidup adalah kemampuannya untuk mengalami dengan berbagai iritabilitas atau rangsangan. Stimulasi ini dapat dicapai dalam berbagai bentuk, seperti gelombang cahaya, suara, suhu, aroma, dan kontak fisik.

Contohnya terhadap hewan, ayam jantan yang sudah pasti burung gagak pagi, gadis yang mengecil dari daunnya jika disentuh, atau tikus yang hidungnya sangat peka terhadap bau makanan.

c. Mampu Bergerak

Makhluk hidup tentu mempunyai kemampuan untuk bergerak. Karena posisinya, gerak makhluk hidup dibagi menjadi dua, yakni pasif dan aktif. Sistem pergerakan juga dilakukan dengan berbagai tergantung habitat, macam alat, dan evolusinya.

Pengertian-Makhluk-Hidup-1

Seperti burung yang berjalan di udara dengan dua sayap. Sementara itu tanaman membuat gerakan pasif di tempatnya, tetapi barusan masih ada gerakan ke atas yang vital dari bahan tanah ke daun.

Baca Juga :  Daur Hidup Jangkrik

d. Membutuhkan Makanan

Untuk mempertahankan kehidupan, hampir semua makhluk hidup membutuhkan energi dan nutrisi dalam tubuhnya. Penyerapan energi dan nutrisi ini biasanya diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Contohnya dalam tumbuhan yang membutuhkan air dan unsur hara yakni telah digunakan sebagai bahan fotosintesis.

Dalam hewan, mereka dibagi menjadi herbivora, karnivora, dan omnivora tergantung pada jenis makanan yang mereka makan. Karnivora adalah sebutan untuk hewan pemakan daging, herbivora untuk pemakan tumbuhan, dan omnivora pemakan segala sesuatu.

e. Organisme Reproduksi

Makhluk hidup melakukan proses reproduksi secara terus menerus secara turun temurun. Reproduksi terjadi dalam beberapa cara, termasuk aseksual atau seksual.

Proses dalam reproduksi seksual biasanya memakan waktu lama. Karena proses ini membutuhkan perkembangan organ reproduksi dan pencarian pasangan yang cocok. Berbeda dengan reproduksi aseksual, yang hanya membutuhkan satu individu tetapi mempunyai variasi genetik yang minimal.

Misalnya sebuah proses aseksual pada hewan terjadi pada protozoa yang berproduksi secara terpisah atau bertunas seperti hydra. Ketika proses seksual terjadi pada monyet yang melahirkan anak atau ikan yang bertelur, meskipun hidup di air.

Berbeda dalam suatu tumbuhan yang melakukan proses reproduksi generatif atau vegetatif. Untuk perkembangbiakan vegetatif biasanya pada umbi. Sedangkan reproduksi generatif adalah proses penyerbukan oleh alat kelamin jantan berupa benang sari, alat kelamin betina berupa putik. Oleh karena itu, proses reproduksi seksual sering terjadi pada tumbuhan yang berbunga dan berbuah.

f. Tumbuh dan Berkembang

Dari sudut pandang fisik, makhluk hidup semakin lama semakin besar. Perubahan ukuran ini terjadi karena besarnya volume jaringan dan sel tubuh.

Diketahui bahwa manusia dan hewan mempunyai suatu tulang rangka yang semakin besar. Proses pertumbuhan tulang pada mulanya merupakan proses osifikasi utama dari tulang yang terbentuk, yaitu tulang rawan atau kartilago. Hal ini membuat tulang terasa lunak.

Pengertian-Makhluk-Hidup-2

Ada banyak osteosit, atau sel tulang, di tengah tulang yang tumbuh menjadi tulang asli. Melalui proses ini makhluk hidup dipanggil untuk tumbuh.

Baca Juga :  Rantai Makanan Ekosistem Laut

Akan tetapi, dalam pengertian perkembangan terhadap tumbuhan sangat berbeda. Perkembangan dalam hal ini adalah peningkatan kapasitas struktural dan fungsional organ tubuh. Misalnya, buah, daun, dan akar tumbuh dari tunas yang benar-benar abadi.

g. Mengalami Ekskresi

Makhluk hidup yang mau tidak mau membutuhkan makanan untuk bertahan hidup dapat menghasilkan sisa makanan melalui sistem ekskresi. Contohnya adalah tanaman yang mau tidak mau melepaskan oksigen. Kemudian singa mengeluarkan air seni dan kotoran dari tubuhnya sebagai limbah yang tidak dibutuhkan tubuh.

h. Mampu Beradaptasi

Adaptasi adalah kemampuan makhluk untuk bertahan hidup dengan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Diketahui bahwa setiap makhluk hidup mempunyai sebuah proses adaptasi yang berbeda-beda, tergantung pada kemampuannya dalam menghadapi kondisi dan kondisi lingkungan.

Dalam suatu adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup biasa dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yakni memiliki bentuk atau morfologi tubuh, adaptasi terhadap proses fisiologis atau metabolisme tubuh, dan yang terakhir adalah adaptasi perilaku.

Misalnya dalam adaptasi morfologi yakni bisa dilihat pada bentuk paruh masing-masing burung. Hal yang sama berlaku untuk berbagai bentuk gigi hewan, yang bervariasi tergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi.

Penutup

Pengertian makhluk hidup adalah benda yang hidup dan memiliki ciri-ciri khas yang membedakannya dengan benda mati. Kualitas-kualitas ini seperti kebutuhan untuk bernapas, makan, tumbuh dan berkembang, peka terhadap rangsangan, menjadi produktif, dan gerakan. Selain itu, ciri makhluk hidup yang telah membedakannya yakni dengan benda mati ialah adanya pembuangan untuk zat sisa.

Baca Juga :

Demikian pembahasan dari kami yakni mengenai Pengertian Makhluk Hidup, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda.

About the Author: Susi Suantika

/* */