Menghemat Energi

Menghemat Energi – Pandemi ini menyebabkan lebih banyak aktivitas di rumah, seperti bekerja di rumah, belajar dari rumah, dan dengan berbagai aktivitas lainnya. Alhasil, konsumsi listrik saya terus bertambah. Misalnya penggunaan listrik, AC (pendingin ruangan ), penggunaan gas untuk memasak dan lain-lainnya

Manusia yakni sangat membutuhkan energi sebagai menghadapi kehidupan sehari-hari. Listrik, air dan bahan bakar merupakan sumber energi yang banyak digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jika tidak dikelola dengan baik, energi ini akan habis dan menyulitkan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu perlu dilakukan penghematan energi untuk menjaga lingkungan. Lalu apa itu hemat energi?

Menghemat Energi Adalah

Menghemat-Energi

Pengertian Menghemat Energi ialah mengurangi konsumsi dalam energi. Hemat energi yakni tidak menggunakan energi listrik untuk hal-hal yang tak berguna.

Penghematan energi bisa dicapai dengan menggunakan suatu energi secara efisien, ketika manfaat yang sama diperoleh dengan energi yang lebih sedikit, atau dengan mengurangi konsumsi energi dan aktivitas. Penghematan energi dapat menurunkan biaya dan dapat meningkatkan nilai lingkungan, keselamatan dan kenyamanan pribadi, serta keamanan nasional.

Organisasi dan individu dapat menghemat biaya dengan menghemat energi, sementara pengguna komersial dan industri dapat meningkatkan efisiensi dan keuntungan dengan menghemat energi. Hemat energi dipahami sebagai penggunaan energi yang efisien dan rasional tanpa mengurangi konsumsi energi yang sebenarnya dibutuhkan.

Penghematan energi merupakan elemen penting dari kebijakan energi. Penghematan energi mengurangi konsumsi energi dan kebutuhan energi per kapita, sehingga kebutuhan energi masyarakat yang terus meningkat dapat terpenuhi.

Hal ini mengurangi kenaikan biaya energi dan bisa mengurangi kebutuhan pembangkit energi atau impor energi. Mengurangi kebutuhan energi dapat memberikan fleksibilitas dalam pilihan metode pembangkitan energi.

Baca Juga :  Bimbingan Dan Kerja Sama

Selain itu, menghemat energi dengan mengurangi emisi merupakan bagian penting untuk menghindari atau menahan perubahan iklim. Penghematan energi juga memudahkan penggantian sumber energi tak terbarukan dengan sumber energi terbarukan. Menghemat energi seringkali merupakan cara paling ekonomis untuk mengatasi kekurangan energi dan lebih ramah lingkungan daripada meningkatkan produksi energi.

Cara Menghemat Energi di Kehidupan Sehari-hari

Penggunaan dalam energi listrik yakni membutuhkan hampir semua aktivitas sehari-hari. Dari smartphone hingga peralatan rumah tangga, mereka menggunakan energi listrik untuk pengoperasiannya. Faktanya, menggunakan terlalu banyak energi listrik dapat merusak lingkungan dan membuat sumber daya listrik menjadi tidak berguna.

Menghemat-Energi-2

Dalam praktiknya, teman-teman dapat menghemat energi saat beraktivitas dan membiasakannya. Alhasil, pasokan energi listrik dapat digunakan secara optimal tanpa boros. Plus, Anda tahu Anda pasti bisa menghemat tagihan bulanan dengan latihan hemat energi. Mari baca terus untuk mengetahui caranya!

Apa yang harus dilakukan untuk menghemat listrik? Beberapa hal hemat energi sederhana dapat dilakukan tanpa disadari. Jika Anda sudah bisa mengubah rutinitas tanpa disadari, Anda juga harus bisa melakukan berbagai rutinitas lain untuk lebih menghemat energi. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

a. Gunakan Lampu Hemat Energi

Hemat energi merupakan perilaku yang dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai bentuk nyata menjaga lingkungan dan menghindari pemborosan listrik. Penggunaan listrik erat kaitannya dengan penggunaan cahaya. Di Indonesia, lampu pijar merupakan salah satu lampu yang boros listrik.

Oleh karena itu, lampu LED dibuat lebih hemat energi. Menggunakan lampu LED juga mengeluarkan cahaya terang yang lebih natural untuk menghemat ruangan, lho! Sobat juga bisa menggunakan lampu fluorescent sebagai alternatif lampu pijar. Sehingga ruangan tetap terang melalui penggunaan energi yang lebih hemat.

b. Matikan Lampu Saat Tidak Digunakan

Apakah Anda meninggalkan ruangan dengan cahaya terang? Secara tidak sadar, seorang teman sering tidak mematikan lampu ruang tamu, bahkan ketika teman sedang berada di dalam kamar. Sering kali, meski tahu, orang terlalu malas untuk mematikan lampu. Kalau rutin, bisa lebih hemat listrik di rumah lho!

c. Menggunakan Kulkas dengan Ramah Lingkungan

Saat ini juga banyak perangkat elektronik yang menggunakan teknologi ramah lingkungan dalam pengoperasiannya. Sahabat bisa memilih lemari es yang menggunakan freon ramah lingkungan agar pemakaiannya lebih hemat energi. Jangan khawatir, barang ramah lingkungan harganya juga terjangkau, dan ada banyak jenis di pasaran.

Baca Juga :  Pencemaran Air: Pengertian, Contoh, Dampak dan Cara Mengatasinya

d. Jemur Pakaian di Bawah Sinar Matahari

Mesin pengering menggunakan banyak listrik. Jadi lebih baik jika Anda langsung menjemurnya di bawah sinar matahari. Saat matahari sedang terik, cukup keringkan pakaian dengan kain kering dengan agar-agar. Pakaian tidak hanya lebih hemat energi, tetapi juga tidak cepat.

e. Penggunaan Transportasi Umum

Menggunakan transportasi umum juga sangat berguna untuk menghemat energi. Jika puluhan orang memilih menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi, menggunakan puluhan energi untuk kendaraan bisa lebih hemat. Selain itu sobat juga bisa mengurangi polusi limbah kendaraan.

f. Memanfaatkan Pencahayaan Alami

Menghemat-Energi-1

Ingat, sumber cahaya bukan hanya lampu lho. Jika Anda memiliki ruangan dengan jendela lebar, Anda dapat menggunakan lampu di siang hari. Ya, sinar matahari alami juga bagus untuk memotret objek atau mengambil foto. Jadi Anda tidak perlu menggunakan lampu tambahan.

g. Gunakan Air Secukupnya

Siapa yang suka bersantai di kamar mandi? Ya, itu akan menggunakan lebih banyak listrik dan air. Tanpa disadari, energi listrik yang digunakan terbuang percuma tanpa ada yang menggunakannya. Teman-teman juga harus mandi bersih saja tanpa harus menguras air tanpa menggunakannya lama-lama ya.

h. Gunakan Pengatur Waktu AC

Tenang, sobat masih bisa menggunakan AC. Teman-teman juga bisa memilih AC yang ramah lingkungan. Atur juga self conditioning agar mati pada tengah malam dan suhu udara menjadi dingin. Jadi pakai conditioner saja kalau perlu, ya.

i. Jangan Biarkan Pengisi Daya Ponsel Menyala dalam Semalam

Beberapa peralatan listrik di rumah perlu di-charge, tapi cukup untuk mengisi baterai, ya. Anda tidak perlu meninggalkan perangkat listrik misalnya game console, smartphone, atau laptop dalam keadaan terisi daya sepanjang hari.

Saat baterai terisi penuh, lepaskan kabel dari smartphone untuk menghindari pemborosan daya tanpa mengisi daya perangkat. Biasanya kabel Anda masih terpasang dalam keadaan terhubung ke sakelar, pastikan Anda telah melepasnya juga dari sakelar.

j. Kenakan Pakaian yang Sesuai dengan Kondisi Cuaca

Selain fungsi AC, teman-teman juga bisa menyesuaikan pakaiannya, terutama untuk aktivitas di dalam ruangan. Jika dingin, gunakan yang sedikit lebih tebal agar tidak perlu menggunakan pemanas, dan sebaliknya gunakan yang lebih ringan agar tidak perlu menggunakan kondisioner.

Baca Juga :  Hutan Hujan Tropis

k. Rebus dengan Air Secukupnya

Saat memasak sayuran atau telur, usahakan menggunakan air dengan benar. Hal ini mengurangi limbah memasak dan sekaligus mempercepat proses pemanasan air, menjadikan penggunaan sumber listrik atau gas lebih permanen. Tentunya penggunaan peralatan masak listrik atau gas membutuhkan energi bukan?

l. Penggunaan Energi Alternatif

Bahan bakar minyak adalah sumber daya yang tidak dapat diperbarui. Jika Anda menggunakannya secara berlebihan, Anda bisa kehabisan energi seiring waktu, lho. Oleh karena itu, ada banyak penggunaan energi alternatif yang dapat dimanfaatkan dari bahan-bahan terbarukan seperti air, angin dan sinar matahari.

m. Merawat Peralatan Listrik Secara Teratur

Disarankan juga untuk memiliki peralatan listrik yang tersedia secara teratur. Artinya perangkat listrik dapat digunakan secara optimal dan tidak terlalu banyak mengkonsumsi energi. Contohnya adalah lemari es dan microwave, yang biasanya memiliki area freon yang dibersihkan secara teratur untuk pendinginan yang optimal.

n. Membiasakan Kebiasaan Hemat Energi

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghemat energi. Namun yang terpenting adalah membiasakan diri menggunakannya secara rutin. Selain itu, teman menyebarkan kebiasaan ini ke lingkungan terkecil, yaitu keluarga dan teman. Penggunaan energi terus menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan.

o. Menggunakan Fungsi Kontrol Smart Device

Mau teman-teman malas mematikan peralatan listrik di rumah? Namun, kini rutinitas tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah karena dikendalikan oleh perangkat pintar yang dapat dihubungkan ke smartphone. Hal ini memudahkan teman-teman untuk mematikan listrik yang tidak terpakai.

Penutup

Penghematan energi merupakan elemen penting dari kebijakan energi. Penghematan energi mengurangi konsumsi energi dan kebutuhan energi per kapita, sehingga kebutuhan energi masyarakat yang terus meningkat dapat terpenuhi. Penghematan energi bisa dicapai dengan menggunakan suatu energi secara efisien, ketika manfaat yang sama diperoleh dengan energi yang lebih sedikit, atau dengan mengurangi konsumsi energi dan aktivitas.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan mengenai Menghemat Energi. Semoga ulasan ini dapat berguna bagi Anda.

About the Author: Susi Suantika

/* */