Pengertian Elastisitas

1 min read

Pengertian Elastisitas – Bahan padat cenderung untuk kembali ke dalam sebuah bentuk aslinya setelah cacat. Objek padat berubah bentuk ketika gaya diterapkan padanya.

Bandingkan perubahan proporsional dalam satu variabel dengan perubahan variabel lain dan sensitivitas atau respons konsumen dalam perubahan terhadap harga.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Pengertian Elastisitas. Untuk ulasan selengkapnya, yuk… Simak penjelasan sebagai berikut.

Apa itu Elastisitas ?

Pengertian Elastisitas

Pengertian Elastisitas adalah sebuah perbandingan perubahan proporsional dalam satu variabel terhadap perubahan variabel yang lain. Dengan kata lain, elastisitas yakni dapat mengukur seberapa sensitif atau responsifnya konsumen dengan perubahan dalam harga.

Tingkat sensitivitas yakni dapat diukur dengan rasio atau rasio perubahan persentase dalam jumlah barang, baik barang yang diminta maupun terhadap barang yang telah ditawarkan,

diukur dengan persentase dalam perubahan faktor yang dapat menyebabkan adanya sebuah perubahan dalam jumlah barang.

Penyebab adanya sebuah perubahan dengan sejumlah barang yang ditawarkan atau diminta dapat dibagi menjadi tiga bidang, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Harga barang tersebut.
  • Pendapatan atau Income.
  • Harga barang lainnya.

Ketika dalam menggambarkan adanya elastisitas relatif dari 2 bahan, batas elastis dan baik modulus harus dapat diperhitungkan.

Karet tersebut biasanya mempunyai modulus rendah dan cenderung meregang jauh yaitu mempunyai dalam batas elastis tinggi serta tampak lebih elastis dalam kehidupan sehari-hari dari pada logam.

Konsep Elastisitas

  • Elastisitas Permintaan (Price Elasticity of Demand)
    Elastisitas Permintaan merupakan adanya sebuah tingkat dalam perubahan terhadap permintaan jasa atau barang yang dihasilkan dari perubahan harga barang atau jasa.

    Tingkat perubahan dapat diukur dengan jumlah atau ukuran yang disebut sebagai koefisien elastisitas permintaan, diantaranya ialah:
  • Elastisitas Silang (Cross Elasticity)
    Elastisitas Silang adalah hubungan antara jumlah barang yang diminta untuk perubahan harga barang lain yang terkait dengan barang tersebut. Hubungan ini bisa menjadi pengganti, tetapi juga saling melengkapi.
  • Elastisitas Penawaran (Price Elasticity of Supply)
    Elastisitas Penawaran merupakan sebuah tingkat dalam adanya suatu perubahan terhadap pasokan barang dan jasa yang disebabkan oleh perubahan harga barang dan jasa. Untuk mengukur ukuran laju perubahan, angka digunakan sebagai koefisien elastisitas pengiriman.
  • Elastisitas Pendapatan
    Elastisitas pendapatan merupakan dalam perekonomian, elastisitas pendapatan ialah adanya sebuah perubahan terhadap permintaan tersebut, karena dalam perubahan posisi di dalam pendapatan.
Baca Juga :  Pengertian Pelapukan

Rumus Koefisien Elastisitas Permintaan

Hasil dalam sebuah perhitungan terhadap koefisien elastisitasnya bersifat negatif. Karena adanya sejumlah harga barang dan yang diminta yakni dapat berbanding terbalik (mengalami arah yang berlawanan).

Rumus:

Rumus-Ed
Rumus-Ed2

Keterangan:

  • Ed : Koefisien Elastisitas Permintaan
  • ΔP : Perubahan Harga
  • ΔQ : Perubahan Jumlah Permintaan
  • Q : Jumlah Permintaan Awal
  • P : Harga Awal

Fungsi Permintaan

Fungsi permintaan adalah adanya sebuah persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah barang yang diminta oleh faktor-faktor yang dapat mempengaruhi mereka.

Fungsi dalam sebuah permintaan merupakan studi matematika untuk menganalisis perilaku dan harga konsumen.

Fungsi permintaan yakni dapat mengikuti terhadap hukum permintaan, yakni jika harga suatu terhadap artikel dapat meningkat permintaan untuk artikel ini menurun dan sebaliknya jika harga artikel menurunkan permintaan untuk artikel ini meningkat.

Kemudian dalam adanya sebuah hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta dapat dibalik, sehingga dalam gradien fungsi permintaan (b) selalu bersifat negatif.

Dalam Elastisitas adalah sebuah perbandingan perubahan proporsional dalam satu variabel terhadap perubahan variabel yang lain. Dengan kata lain.

Baca Juga:

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Pengertian Elastisitas. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda.