Pengertian FTP

Pengertian FTP – FTP ialah dapat diperoleh dengan melalui FTP client, aplikasi yang didistribusikan di Internet, FTP client adalah aplikasi yang fungsinya dapat digunakan untuk melakukan remote FTP. Aplikasi ini tidak hanya lengkap, tetapi dapat digunakan pada berbagai jenis sistem operasi.

Seperti namanya, FTP merupakan protokol transfer file dengan fungsionalitas klien FTP yang dapat digunakan pada sistem operasi seperti Linux dan Windows. Ada banyak contoh aplikasi yang bisa ditemukan di internet. Lalu apa yang di maksud dengan FTP?

FTP Adalah

Pengertian-FTP

Pengertian FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol yang dapat menangani pertukaran informasi pada sebuah komputer. Saat Anda mengunduh dan mengunggah file, semua aktivitas ini dapat dilakukan dengan bantuan FTP.

Dua hal penting tentang FTP ialah server FTP dan klien FTP. Server FTP adalah server yang dieksekusi perangkat lunak dengan fungsi menyediakan layanan pertukaran file yang siap ketika ada permintaan dari klien FTP.

Ketika yang kami maksud adalah klien FTP, itu adalah komputer yang digunakan untuk berbagai aktivitas. Sebagai klien FTP, komputer harus terhubung ke server FTP agar dapat bertukar file dan melakukan aktivitas seperti mengunduh, mengunggah, mengganti nama, menghapus, dll.

Kegunaan FTP

Pengertian-FTP-2

Fungsi FTP yakni mempunyai dengan beberapa orang yang dapat diandalkan, salah satunya digunakan untuk meng-upload halaman web atau website ke internet, segelas proses informasi dilakukan oleh web hosting. Kemudian FTP juga dapat digunakan untuk mengupdate revisi program pada aplikasi FTP. Berikut ialah kegunaan dari FTP:

  • Dapat digunakan sebagai menelusuri dan mengunduh file dari situs web.
  • Dapat melakukan proses upload halaman website ke internet melalui web server atau web hosting.
  • Dapat digunakan dalam mengirim file besar, jika terlalu besar dapat dibagi menjadi dua partisi untuk lampiran dalam email.
  • Unduh konten seperti tugas kantor dan kuliah dan unggah ke server FTP.
  • Mendistribusikan revisi program yang biasanya dilakukan oleh pengembang perangkat lunak.
  • Beberapa contoh di atas hanyalah beberapa contoh yang dapat digunakan dengan FTP, desain Internet dapat digunakan untuk melakukan tugas dan pekerjaan sehari-hari.
  • Pengguna bahkan dapat mengembangkan akun FTP mereka sendiri dan menyesuaikannya dengan kebutuhan setiap pengguna.
Baca Juga :  Pengertian Lembaga Keuangan (Bank)

Akun FTP adalah akun yang digunakan untuk mengirim file dalam jumlah besar. Dengan akun FTP ini, Anda dapat mentransfer file dengan lebih mudah. Anda nantinya akan menerima username dan password cPanel yang Anda gunakan untuk login ke FTP.

Namun, jika situs tersebut dikelola oleh banyak orang, ada pembatasan akses untuk proses download transfer file. Untuk memudahkan penggunaan, terdapat FTP client berupa aplikasi yang juga merupakan salah satu keunggulan FTP.

Beginilah Cara Kerja FTP

FTP dapat digunakan dengan mengandalkan otentikasi dasar, yang mengharuskan pengguna komputer memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk mengakses data. Jika Anda ingin mengunggah, mengunduh, atau melakukan tindakan lain di komputer Anda, perintah yang Anda jalankan akan memerlukan akses FTP.

Pengertian-FTP-1

Kata sandi dan nama pengguna adalah kunci akses Anda untuk mengakses data internal. Dengan kata sandi dan nama pengguna yang disediakan oleh FTP, Anda dapat dengan bebas memindahkan, membuat, menyalin, dan menghapus data di direktori penyimpanan komputer Anda.

Namun, sebelum pertukaran data, klien FTP harus terlebih dahulu mengirim permintaan koneksi ke server FTP. Ketika klien FTP terhubung ke server FTP, aktivitas seperti mengunduh, mengunggah data, dan lain-lainnya.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa FTP memainkan peran yang sangat penting dalam setiap aktivitas yang Anda lakukan dengan komputer Anda. Tanpa FTP, aktivitas yang biasa Anda lakukan dengan komputer tidak akan berlangsung.

Fungsi FTP

FTP merupakan protokol transfer file dengan fungsionalitas klien FTP yang dapat digunakan pada sistem operasi seperti Linux dan Windows. Adapun berbagai jenis fungsi dari FTP ini ialah:

a. FileZilla

Dengan segala fitur-fiturnya, FileZilla merupakan salah satu klien FTP yang sering digunakan dalam koneksi FTP jarak jauh. Aplikasi ini juga mendukung beberapa sistem operasi populer seperti Linux dan Windows.

Baca Juga :  Pengertian Sistem Ekonomi Pasar (Liberal)

Kelebihan dari aplikasi ini adalah melakukan transisi secara simultan ketika proses pengiriman file namun koneksi yang terputus dapat dibangun kembali nantinya. Namun FTP jenis ini memiliki kelemahan yaitu proses upload file memakan waktu yang lama.

b. GFTP

Tidak seperti WINSCP, GFTP bertindak sebagai FTP sebagai salah satu klien FTP yang dapat digunakan dan diimplementasikan di sistem operasi Linux. GFTP adalah proyek open source, yang berarti dapat dikembangkan dan digunakan oleh siapa saja.

c. WINSCP

Aplikasi klien FTP ini telah menjadi populer, terutama untuk pengguna Windows dengan beberapa di antaranya disertakan dengan WinSCP, termasuk SCP, SFTP, FTP, dan WebDey. Keunggulan aplikasi ini adalah didukung dengan fungsi kata sandi SSH, keyboard interaktif dan kunci publik untuk otentikasi Kerberos.

Selain itu, aplikasi ini dibangun ke dalam Pageant dengan dukungan penuh untuk otentikasi kunci publik menggunakan SSH, meskipun tidak ada keuntungan tanpa kerugian. Kelemahan dari WINSCP adalah hanya dapat digunakan pada sistem operasi berbasis Windows.

Penutup

Server FTP, atau File Transfer Protocol, adalah jenis aplikasi server yang banyak digunakan di Internet. Diketahui bahwa dalam suatu jaringan internet terdapat aplikasi server yang digunakan untuk memberikan permintaan akses dari komputer client. Aplikasi server ada beberapa jenis salah satunya adalah FTP server yang mempunyai begitu banyak fitur dan kekurangan serta kelebihan. FTP memainkan peran penting dalam pertukaran informasi di komputer. Tanpa FTP, tidak akan ada pengunduhan, penelusuran, pengunggahan, atau penayangan video.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan mengenai Pengertian FTP. Semoga ulasan ini dapat berguna bagi Anda.

About the Author: Susi Suantika

/* */