Pengertian Molekul

Pengertian Molekul – Molekul bisa diartikan dengan kumpulan atau kelompok atom yang terikat kuat atau kovalen bersama-sama, bermuatan netral, dan tersusun dalam susunan tertentu dan cukup stabil. Bagi Anda yang belum tahu, cabang ilmu yang khusus mempelajari dengan suatu molekul dikenal sebagai fisika molekuler dan kimia molekuler.

Perbedaan nama cabang ilmu ini tergantung dari arah penelitian ilmiah itu sendiri. Fisika molekul umumnya mencakup hukum-hukum yang menentukan sifat-sifat molekul dan struktur molekul. Sedangkan kimia molekuler lebih menitikberatkan pada hukum-hukum yang mengatur interaksi antar molekul. Lalu apa yang di maksud dengan molekul?

Molekul Adalah

Pengertian-Molekul

Pengertian Molekul merupakan gugusan netral yang tersusun dari dua atau lebih atom yang dihubungkan oleh ikatan kimia. Molekul dibedakan dari ion karena tidak ada muatan listrik. Dalam fisika kuantum, biokimia, kimia organik, bagaimanapun, istilah molekul sering digunakan secara longgar, serta untuk ion atom polar.

Dalam kinetika gas, istilah molekul sering digunakan untuk partikel gas, terlepas dari komposisinya. Menurut pengertian ini, atom gas mulia sebagai molekul diperlakukan seperti molekul monoatomik.

Molekul bisa homonuklear, yang berarti mengandung atom dari unsur kimia seperti oksigen (O2), atau bisa juga heteronuklear, senyawa kimia yang terdiri dari lebih dari satu unsur, seperti air (H2O). Kompleks dan atom yang dihubungkan dengan ikatan non-kovalen seperti ikatan hidrogen atau ikatan ion secara umum yakni telah dianggap dengan molekul tunggal.

Molekul adalah bagian dari banyak bahan yang ditemukan dalam bahan organik (dan tentu saja dalam biokimia). Ini umumnya menciptakan laut dan atmosfer. Namun, sebagian besar bahan padat yang diketahui di bumi, termasuk mineral yang membentuk mantel, kerak, dan inti bumi, mengandung banyak ikatan kimia tetapi tidak ada molekul yang bisa diidentifikasi.

Baca Juga :  Pengertian Asam

Selain itu, tidak ada molekul khas yang dapat didefinisikan sebagai kristal ionik (garam) dan kristal kovalen (padatan jaringan kovalen), meskipun ini sering terdiri dari sel unit berulang yang membentuk bidang (seperti dalam grafik) atau tiga dimensi (seperti pada gambar) seperti (kuarsa, berlian, atau natrium klorida).

Tema struktur sel satuan kontinu juga berlaku untuk fase paling padat dengan ikatan logam, yang berarti bahwa bahkan logam padat pun tidak terdiri dari molekul. Dalam kaca (padatan yang berada dalam keadaan seperti kaca yang tidak beraturan) atom juga dapat disatukan oleh ikatan kimia jika tidak ada molekul tertentu atau bahkan unit yang berulang secara teratur misalnya kristal.

Struktur Molekul

Struktur molekul merupakan suatu gambaran ikatan unsur-unsur atau atom-atom yang menyusun suatu molekul. Molekul tersusun dari rangkaian atom-atom yang menghubungkan ikatan kimia, yakni ikatan hidrogen, ikatan kovalen, dan ikatan ion dan ikatan kimia lainnya. Dan atom-atom ini berkisar dari sangat sedikit (dari satu atom, seperti gas mulia) hingga sangat banyak (misalnya dalam protein, polimer, atau bahkan DNA).

Pengertian-Molekul-1

Bentuk molekul, yaitu susunan atom dalam ruang, mempengaruhi banyak sifat fisik dan kimia molekul. Secara umum, sebuah molekul memiliki bentuk berdasarkan lima bentuk geometris yang berbeda.

Molekul dalam ikatan, menurut beberapa aturan dan bentuk ikatan kimia. Jika suatu molekul ingin mengikat, maka molekul tersebut harus memenuhi aturan atau persyaratan unsur ketika molekul tersebut dibuat. Karena bukan sembarang elemen yang menyusun sebuah molekul.

Itu terdiri dari kumpulan atom yang dihubungkan bersama untuk membentuk bagian terkecil dari senyawa atau zat yang dapat dihentikan. Molekul ialah benda yang sangat kecil yang selama ini sangat sulit dilihat dengan mata telanjang.

Baca Juga :  Pengertian Sistem Koloid

Jenis-Jenis Molekul

Molekul termasuk dalam sebuah ilmu yang berhubungan dengan atom. Hubungan antara atom dan molekul begitu kuat sehingga dapat dikatakan bahwa setiap atom pasti memiliki molekul. Jarang diketahui atau ditemukan bahwa atom dapat berhenti karena atom terikat dan juga terhubung satu sama lain. Macam-macam molekul antara lain:

a. Molekul Unsur

Pengertian-Molekul-2

Molekul unsur adalah molekul yang terbentuk atau berasal dari gabungan unsur atau atom yang sejenis. Definisi molekul unsur pada dasarnya adalah molekul yang terdiri dari hanya satu jenis atom atau unsur. Jelas, penamaan molekul elemen itu sendiri terkait dengan jumlah elemen gabungan yang digunakan. Molekul unsur terdiri dari beberapa bagian yaitu diatom, triatom, tetra atom dan lain-lain berdasarkan jumlah unsur yang ada. Contoh molekul unsur merupakan N2 (nitrogen), O2 (oksigen), H2 (hidrogen), P4 (fosfor), dan lain-lainnya.

b. Molekul Senyawa

Seperti halnya molekul unsur, memahami molekul senyawa itu sendiri merupakan bahwa itu adalah molekul yang terdiri dari banyak unsur atau atom. Definisi lain dari molekul senyawa adalah molekul yang menghasilkan kombinasi unsur atau atom yang berbeda jenis.

Bila nama suatu molekul unsur sangat sederhana karena mengandung jumlah unsur atau atom yang digunakan. Nama molekul senyawa cukup rumit karena mengandung beberapa unsur yang berbeda. Contoh molekul senyawa adalah CO2 atau karbon dioksida.

Sebagai informasi, CO2 termasuk dalam gabungan dari dua atom oksigen dan satu atom karbon. H2O (air) termasuk contoh molekul senyawa karena terdiri dari kombinasi satu atom oksigen dengan dua atom hidrogen.

Ukuran Molekul

Secara umum, molekul terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang, tetapi ada pengecualian. DNA, sebuah makromolekul, dapat mencapai ukuran makroskopik, seperti molekul polimer. Molekul yang biasa digunakan sebagai blok bangunan untuk sintesis organik berkisar dari ukuran Angstrom (Å) hingga beberapa ratus atau sekitar satu miliar meter.

Baca Juga :  Pengertian Sistem Dispersi

Sebuah molekul tunggal biasanya tidak dapat diamati dengan cahaya (seperti yang disebutkan di atas), tetapi molekul kecil serta tulang atom dapat diikuti dengan mikroskop kekuatan atom dalam kondisi tertentu.

Beberapa molekul terbesar adalah makromolekul atau supermolekul. Molekul terkecil ialah atom hidrogen (H2) dengan panjang ikatan 0,74. Jari-jari molekul efektif adalah ukuran molekul dalam larutan.

Penutup

Molekul yakni bisa diartikan untuk kumpulan atau kelompok atom yang terikat secara bersama-sama atau secara kovalen, bermuatan netral, dan dalam susunan yang spesifik dan cukup stabil. Molekul adalah bagian dari banyak bahan yang ditemukan dalam bahan organik (dan tentu saja dalam biokimia). Ini umumnya menciptakan laut dan atmosfer.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara jelas yakni mengenai Pengertian Molekul. Semoga dapat bermanfaat.

About the Author: Susi Suantika

/* */