Pengertian Strategi Pemasaran

2 min read

pengertian strategi pemasaran – Kali akan membahas tentang pengertian strategi pemasaran beserta langkah-langkah penerapan strategi pemasaran, tujuan dan juga contohnya. Mari kita simak penjelasannya.

Pengertian Strategi Pemasaran (Marketing Strategy)

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan suatu produk, baik iti barang maupun jasa, memakai pola rencana serta taktik tersendiri sehingga jumlah dari penjualan jadi lebih tinggi.

Definisi strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai serangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal ini.

Strategi Pemasaran mempunyai peran penting pada suatu perusahaan maupun bisnis karena memiliki fungsi untuk menentukan nilai dari ekonomi perusahaan, baik itu harga barang maupun jasa.

Ada tiga faktor penentu nilai harga barang dan jasa, yaitu:

  • Produksi
  • Pemasaran
  • Konsumsi

Dalam hal ini, pemasaran adalah bagian yang menghubungkan antara kegiatan produksi dan konsumsi.

Menurut Kotler dan Armstrong (2008)

Strategi pemasaran adalah logika pemasaran di mana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan manfaat dari hubungan mereka dengan konsumen.

Menurut Kurtz (2008)

Strategi pemasaran adalah program keseluruhan perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari bauran pemasaran; produk, distribusi, promosi, dan harga.

Baca Juga :  Pengertian Marketing (Pemasaran)

Langkah Penerapan Suatu Strategi Pemasaran (Marketing Strategy)

Langkah Penerapan Suatu Strategi Pemasaran

Implementasi atau penerapan suatu Strategi Pemasaran iyalah menggunakan langkah-langkah berikut:

1. Segmentasi Pasar (Market Segmentation)

Tindakan membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang berbeda dengan karakteristik, kebutuhan, ataupun perilaku yang berbeda dan mungkin memerlukan produk maupun pembauran pemasaran yang berbeda;

2. Penentuan Target Pasar (Market Targeting)

Yaitu proses mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen yang akan dilayani,

menetapkan target pasar terdiri dari merancang strategi untuk membangun hubungan yang tepat dengan pelanggan yang tepat,

atau besar perusahaan mungkin memutuskan untuk menawarkan rangkaian lengkap produk untuk melayani semua segmen pasarnya,

sebagian besar perusahaan memasuki pasar baru dengan melayani satu segmen tunggal, dan jika ini terbukti berhasil, mereka menambahkan segmen.

3. Diferensiasi & Posisi Pasar (Differentiation & Positioning)

Perusahaan harus memutuskan bagaimana membedakan penawaran pasar mereka untuk setiap segmen target dan posisi apa yang ingin mereka tempati di segmen tersebut,

posisi produk adalah produk yang ditempati relatif terhadap para pesaingnya di benak konsumen, pemasar ingin mengembangkan posisi pasar yang unik untuk produk mereka.

Jika suatu produk dianggap persis sama dengan produk lain di pasaran, konsumen tidak punya alasan untuk membelinya.

Tujuan Strategi Pemasaran (Marketing Strategy)

Pada umumnya, terdapat 4 tujuan strategi pemasaran, yaitu diantaranya:

  1. Untuk meningkatkan kualitas koordinasi antar individu di dalam tim pemasaran
  2. Sebagai ukuran hasil pemasaran atas dasar standar pencapaian yang sudah ditentukan
  3. Sebagai dasar logis dalam langkah pengambilan keputusan pemasaran
  4. Untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi apabila terdapat perubahan pemasaran

Contoh Strategi Pemasaran (Marketing Strategy)

Beberapa strategi pemasaran populer yang dapat Anda terapkan:

Baca Juga :  Pengertian Pasar Bebas

1. Kemitraan (Partnership)

Kemitraan Pemasaran memiliki sejumlah keunggulan, misalnya berkolaborasi dengan pihak lain. Strategi pemasaran ini dianggap murah dan lebih mungkin berhasil.

2. Bekerja sama dengan Influencer

Jangan meremehkan kemampuan influencer kelas gram. Mereka benar-benar memiliki banyak pengaruh pada penjualan Anda,

dengan jangkauan pengikut yang besar, ketika Anda mengontrak influencer untuk mempromosikan produk Anda, tentu bukan tidak mungkin untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Influencer tidak hanya dari selebriti, tergantung pada produk Anda juga. Vloggers dan blogger juga dapat memiliki pengaruh besar.

3. Melibatkan Karyawan

Tidak ada salahnya melibatkan karyawan Anda pada beberapa proyek. Coba sesekali membuat iklan lucu yang melibatkan karyawan. Tentu saja ini memiliki efek ganda.

Mereka akan senang berbagi video dengan perusahaan selain meningkatkan efektivitas kerja. Karyawan rata-rata merasa bangga ketika terlibat dalam proyek seperti ini.

4. Menjaga Pelanggan Lama

Nah, ini penting. Selalu perlakukan pelanggan lama Anda karena mereka yang paling loyal dalam membeli produk.

Coba berikan bonus kecil khusus untuk pelanggan lama. Kebanyakan dari mereka adalah yang paling loyal mempromosikan produk yang mereka temukan memuaskan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan tentang pengertian strategi pemasaran beserta langkah-langkah penerapan strategi pemasaran, tujuan dan juga contohnya. Semoga bermanfaat.