Sumber-Sumber Sejarah

2 min read

Sumber-Sumber Sejarah – Dasar sebagai identifikasi sebuah peristiwa sejarah. Setiap kisah pasti mempunyai sebuah peninggalan, dan peninggalan ini dapat disebut sebagai sumber sejarah.

Peristiwa yang telah terjadi di masa lalu yakni dapat diungkapkan jika sumber historis dapat tersedia. Karena bukti nyata dari peristiwa masa lalu yang penting membuktikan bahwa ada suatu sejarah.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai Sumber Sejarah secara lengkap dan lengkap. Untuk ulasan selanjutnya, yuk… Simak penjelasan nya sebagai berikut.

Apa itu Sumber Sejarah ?

Pengertian Sumber Sejarah merupakan sesuatu yang memberi tahu kita secara dengan cara tidak langsung atau langsung tentang masa lalu. Pada umunya, kita dapat membedakan antara sumber sejarah dalam tiga jenis, yaitu sumber sejarah lisan, tertulis, dan material.

Sumber-Sumber Sejarah

Sumber sejarah yakni dapat tertulis dengan meliputi adanya sebuah risalah rapat, surat kabar, laporan, surat, dan catatan pribadi.

Sementara dalam sebuah sumber lisan seperti aktor atau saksi dalam sejarah dapat menceritakan sebuah kisah mereka tentang peristiwa sejarah di masa lalu.

Untuk sebuah sumber sejarah, benda tersebut dapat ditemukan dalam artefak kuno atau suatu bentuk benda fisik seperti bangunan candi, patung, kapak tangan, dan lain sebagainya.

1. Sumber Sejarah Tertulis (Dokumen)

Sumber tertulis merupakan sebuah sumber sejarah yang berasal dari peninggalan yang tertulis, catatan dengan fakta tentang peristiwa pada masa lalu seperti prasasti, teks, dokumen, perbuatan, teks, kronik, surat kabar, Tambo (catatan tahunan dari Tiongkok) dan catatan.

Baca Juga :  Asal Usul Benua

Berdasarkan sumber sejarah tertulis, informasi tentang peristiwa masa lalu yang telah disampaikan secara tertulis menggunakan media juga dapat ditulis dalam wadah batu dan kertas. Sumber-sumber sejarah yang didasarkan pada batu tulis disebut prasasti.

Berikut merupakan sebuah contoh sumber sejarah tertulis yang dapat digunakan sebagai sumber untuk penelitian sejarah, diantaranya ialah:

Sumber-Sumber Sejarah dan Contohnya

a. Surat Kabar

Data yang terkandung di surat kabar terkadang memuat fakta, interpretasi, pendapat, dan dalam sebuah pemikiran spekulatif.

Surat kabar berguna sebagai melengkapi sebuah dokumen lain dan bahkan merupakan dokumen inti yang berasal dari sumber lain.

b. Notulen Rapat

Notulen Rapat merupakan sebuah catatan yang berisi adanya informasi penting untuk rapat. Catatan biasanya dibuat oleh salah satu orang yang ditunjuk atau disewa sebagai sekretaris atau pencatat.

c. Dokumen Pemerintah

Dokumen pemerintah yakni biasanya dapat berisi sebuah keputusan tentang berita, laporan pemerintah mengenai peristiwa, pernyataan pemerintah, statistik, laporan tahunan, dan lain sebagainya.

d. Cerita Roman

Karya-karya sastra seperti sebuah roman atau novel pada dasarnya tidak hanya ekspresi dari karya penulis, tetapi kadang-kadang data tentang hubungan sosial dari periode tertentu juga terungkap.

e. Surat, Catatan atau Buku Harian, dan Memoar

Surat-surat tersebut bisa menjadi sebuah sumber sejarah, baik surat pribadi maupun surat resmi pemerintah. Surat pribadi sebagai sumber historis biasanya berisi hal-hal penting seperti:

  • Etika dan kebiasaan.
  • Fasilitas sosial.
  • Bicara mengenai sebuah hubungan.

e. Autobiografi

Autobiografi yakni sangat berguna untuk psikologi karena mengandung faktor-faktor subyektif seperti motivasi, harapan, aspek afektif, dan sebuah pengalaman.

Autobiografi juga dapat menyediakan sebuah data mengenai adanya sebuah faktor-faktor subjektif seperti proses sosial, perubahan sosial, nilai-nilai sosial, situasi sosial.

Baca Juga :  Sejarah Belanda Masuk ke Indonesia

2. Sumber Sejarah Benda

Sumber sejarah yang didasarkan pada objek merupakan sebuah sumber sejarah yang berasal dari warisan aset budaya.

Sumber objek juga disebut sebagai sumber perusahaan, yakni objek dari masa lalu.

Contoh sumber sejarah adalah bangunan, benda, masjid, alat atau benda budaya seperti tembikar, kuil, kapak, perhiasan, mutiara, dan patung.

3. Sumber Sejarah Lisan

Sumber sejarah lisan merupakan sebuah informasi dengan cara langsung dari pelaku atau saksi mata untuk peristiwa yang telah terjadi di masa lalu.

Contoh dari sumber sejarah lisan adalah anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang berpartisipasi dalam serangan umum untuk melaporkan apa yang orang lain alami, apa yang mereka lihat dan lihat, dan apa yang mereka lakukan.

4. Sumber Sejarah Sekunder

Sumber-sumber sejarah sekunder adalah sebuah sumber-sumber yang mengandung sebuah keterangan atau informasi dari perantara, akan tetapi tidak secara langsung berkaitan dengan terjadinya sebuah peristiwa-peristiwa bersejarah.

Contoh sebuah sumber sejarah sekunder tertulis merupakan sebuah sumber surat kabar yang ditulis dengan sejarawan terhadap berdasarkan sumber primer, atau sumber yang bukan merupakan rujukan langsung dalam sebuah periode sejarah yang dapat diteliti dengan sejarawan.

5. Sumber Sejarah Primer

Sumber sejarah yang didasarkan pada data primer adalah sumber asli atau sumber yang diperoleh langsung dari pelaku atau saksi sebuah peristiwa dalam sejarah.

Sumber utama ini dapat berupa pernyataan langsung dari aktor sejarah (sumber lisan), teks kontrak, dokumen, arsip (sumber tertulis) dan benda bersejarah, bangunan atau objek arkeologi (sumber objek).

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, kami telah menyampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Sumber-Sumber Sejarah. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.

Baca Juga :  Tragedi Timor Leste

Tragedi Timor Leste

Ferdian Saputra
1 min read

Asal Usul Benua

Ferdian Saputra
2 min read