Pengertian Web Server

Pengertian Web Server Termasuk dalam perangkat lunak yang bertindak sebagai penerima permintaan yang dikirim melalui browser dan kemudian membalas permintaan tersebut pada halaman situs web atau secara umum dalam dokumen HTML. Akan tetapi sebuah web server dapat memiliki dua pengertian yang berbeda, yaitu sebagai bagian dari hardware (perangkat keras) dan sebagai bagian dari software (perangkat lunak).

Perangkat keras menggunakan server web untuk menyimpan semua data seperti dokumen HTML, file gaya CSS, gambar, dan file JavaScript. Di sisi perangkat lunak, server web bertindak sebagai pusat kendali dalam memproses adanya sebuah permintaan yang diterima dari suatu browser tersebut. Lalu apa yang dimaksud dengan Web Server?

Web Server Adalah

Pengertian-Web-Server

Pengertian Web Server merupakan suatu perangkat lunak server atau perangkat keras khusus untuk menjalankan perangkat lunak yang dapat memenuhi kebutuhan klien di World Wide Web. Server web umumnya dapat berisi satu atau lebih situs web. Server web memproses permintaan jaringan yang masuk dengan melalui protokol dan beberapa HTTP terkait lainnya.

Fungsi utama dari web ialah sebagai memproses, menyimpan, dan menyajikan halaman web kepada klien. Komunikasi antara klien dan server berlangsung dengan melalui HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Halaman yang dikirimkan sebagian besar adalah dokumen HTML yang, selain konten teks, juga dapat berisi lembar gaya, gambar, dan skrip.

Agen pengguna, biasanya browser web atau perayap web, yakni memulai komunikasi dengan meminta sumber daya tertentu dengan melalui HTTP, dan server merespons konten sumber tersebut atau pesan kesalahan jika tidak dapat diproses. Sumbernya biasanya file aktual di penyimpanan sekunder server, tetapi ini tidak selalu terjadi dan tergantung pada implementasi server web.

Baca Juga :  Pengertian Mekanisme

Sementara fungsi utamanya ialah sebagai mengirimkan konten, implementasi HTTP lengkap juga mencakup bagaimana konten diterima oleh klien. Fitur ini digunakan sebagai mengirimkan formulir web, termasuk dalam mengunduh sebuah file.

Server web sering ditemukan pada perangkat seperti printer, webcam, router, dan hanya jaringan lokal yang tersedia. Web server yakni bisa digunakan untuk bagian dari sistem untuk mengelola atau memantau perangkat yang dimaksud. Hal ini, bahwa tak ada perangkat tambahan yang diinstal terhadap komputer, karena hanya web (saat ini berisi sistem operasi) yang diperlukan.

Sejarah Web Server

Pengertian-Web-Server-3

Pada bulan Maret 1989, Sir Tim Berners-Lee mengusulkan proyek baru kepada majikannya, CERN, untuk memfasilitasi pertukaran informasi antar ilmuwan menggunakan sistem hypertext. Proyek ini membuat Berners-Lee menulis 2 program dalam tahun 1990, yakni:

  • Peramban web yang memiliki nama WorldWideWeb.
  • Server web yakni pertama di dunia, kemudian telah dikenal CERN httpd, berjalan di NeXTSTEP.

Antara 1994 dan 1991 dalam keefektifan dan kesederhanaan teknologi awal untuk berselancar dan bertukar data melalui World Wide Web membantu membawanya ke berbagai sistem operasi dan menyebarkan penggunaannya di universitas, organisasi ilmiah, dan kemudian di industri.

Dalam tahun 1994, Berners-Lee memutuskan untuk membuat W3C (World Wide Web Consortium) untuk mengelola pengembangan teknologi terkait (HTML, HTTP, dan lain-lain).

Jenis-Jenis Web Server

Pengertian-Web-Server-2

Ada banyak web server yang dapat digunakan sebagai pusat kendali layanan website Anda. Dalam dunia website, ada beberapa web server yang paling umum digunakan sebagai pusat kendali website, yakni:

a. NginX

NginX merupakan web server kedua yang paling sering digunakan saat ini, Nginx atau disebut juga Engine X sangat populer karena layanan server ini cukup stabil dan hemat resource. Karena itu, NginX adalah server web kedua yang paling banyak digunakan. Selain itu, beberapa fitur NginX telah ditambahkan ke NginX yang dapat menangani lalu lintas situs web dengan lebih baik.

Baca Juga :  Pengertian Infrastruktur

b. Apache

Apache merupakan adanya sebuah layanan web paling populer. Berdasarkan survei server web W3Tech Top Ranks Januari 2020, Apache adalah layanan web yakni banyak untuk digunakan. Bahkan dalam semua server yang ada, dalam penggunaan sebuah Apache yakni telah mencapai kurang lebih 41,5%. Ini karena Apache cukup fleksibel sehingga Apache sendiri dapat digunakan di berbagai macam sistem operasi.

Selain fleksibilitasnya, Apache sangat sederhana dan mudah untuk dikonfigurasi dan diatur. Tidak diperlukan pengaturan yang lebih lanjut dalam menggunakan server web individual ini. Karena itu, banyak orang menggunakan Apache untuk server web.

c. Litespeed

Litespeed merupakan server web yang bisa disebut sebagai pusat kendali situs web berkinerja terbaik. Hal ini terlihat dengan beberapa penyedia web hosting yang menggunakan Litespeed untuk aplikasi web servernya. Bahkan dengan berdasarkan penelitian, Litespeed yakni telah mempunyai banyak keunggulan seperti kecepatan pemrosesan yang 50% dan 6x lebih cepat saat memproses PHP daripada Apache.

Fungsi Web Server

Selain berperan dalam penghubung komunikasi dengan situs web dan memproses permintaan HTTP yang dikirim oleh browser, beberapa fungsi server web secara umum ialah:

  1. Pastikan semua modul yang dibutuhkan siap dan tersedia saat digunakan
  2. Bersihkan cache, memori, dan modul yang tidak digunakan
  3. Lakukan pemeriksaan keamanan pada permintaan HTTP yang dikirim oleh browser

Akan tetapi, jika server web dipisahkan sebagai perangkat keras dan server web sebagai perangkat lunak, maka fungsinya adalah:

1. Web Server Sebagai Software

Selain penyimpanan, server web bertindak sebagai perangkat lunak yang merespons permintaan dari browser. Saat ini sudah banyak web server yang tersedia, yakni salah satunya ialah Apache.

2. Web Server Sebagai Hardware

Sebuah web server (dalam menggunakan awalan yang besar untuk membedakannya) yaitu tempat untuk menyimpan gambar, script, dan konten dari halaman website. Server web harus dapat diakses dari semua area yang memiliki sebuah koneksi internet.

Baca Juga :  Indikator Pembangunan Ekonomi

Anda dapat mendapatkan web server dari penyedia layanan hosting Indonesia yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada sejumlah persyaratan yang perlu dipertimbangkan ketika memilih penyedia layanan hosting server untuk situs web Anda. Server harus cepat, mempunyai kapasitas RAM yang cukup, dan mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar.

Cara Kerja Web Server

Pengertian-Web-Server-1

Cara kerja server telah disebutkan dalam pengertian sebelumnya agar web server dapat digunakan untuk menerima dan memberikan layanan. Jika dilihat dari gambar di atas, ini menggambarkan cara kerja server. Sekarang pengguna membuat permintaan melalui browser ke server (permintaan HTTP) untuk alirannya sendiri, kemudian server menerima permintaan dan memprosesnya menjadi halaman web (respon HTTP).

Karena server web dapat dibandingkan dengan server, Anda bebas meminta layanan sesuai dengan syarat dan proses layanan yang diminta untuk memberikan hasil. Jadi Anda sudah tahu bagaimana web server bekerja dan bekerja. Nah sekarang anda sudah tahu mengenai software yang sering digunakan untuk web server.

Penutup

Pengertian Web Server merupakan suatu perangkat lunak server atau perangkat keras khusus untuk menjalankan perangkat lunak yang dapat memenuhi kebutuhan klien di World Wide Web. Termasuk dalam perangkat lunak yang bertindak sebagai penerima permintaan yang dikirim melalui browser dan kemudian membalas permintaan tersebut pada halaman situs web atau secara umum dalam dokumen HTML.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan mengenai Pengertian Web Server. Semoga ulasan ini dapat berguna bagi Anda.

About the Author: Susi Suantika

/* */